10 Karakter Yang Harus Dimiliki Pemimpin Wanita

10 Karakter Yang Harus Dimiliki Pemimpin Wanita

Untuk menjadi pemimpin yang hebat di dunia kerja, inilah karakter yang wajib dimiliki oleh seorang wanita.

Genderless mind
Wanita yang sukses meraih posisi puncak di karier atau bisnis, sudah bebas dari isu gender. Mereka sangat profesional dan bersedia mengerahkan segenap pikiran dan energinya sesuai tuntutan perusahaan. Mereka tidak mengharapkan adanya perlakuan khusus karena mereka adalah wanita.

Kompetensi dan Koprestasi yang konsisten
Seorang CEO wajib memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal: problem solving & decision making, helicopter view (melihat masalah secara menyeluruh), influence (kemampuan komunikasi yang berdampak kuat bagi kelompoknya), dan leadership.

Mampu menentukan prioritas dan tahan banting
Perempuan sangat jago multitasking. Mereka lebih mampu mengelola waktu dan berbagai urusan dengan baik. Jika ada seorang ibu yang sukses menjadi CEO, biasanya karena ia mampu menentukan prioritas hidup dan straight dengan pilihannya itu. Ketika menghadapi berbagai persoalan, perempuan sukses lebih tahan banting.

Fleksibel
Kompetensi khas yang membuat wanita lebih unggul daripada pria adalah keluwesannya dalam menjalin hubungan dengan orang lain, termasuk fleksibel menerima pendapat orang lain yang berbeda maupun bertentangan dengan pendapat pribadinya. Keluwesan ini juga ditunjang dengan kemampuannya berkomunikasi dan mempresentasikan ide secara lisan maupun tulisan.

Berani atau suka tantangan
Meski wanita identik dengan kelembutan, namun ada kalanya mereka harus berani melakukan inovasi atau mengambil keputusan yang tidak populer. Keberanian di sini termasuk siap menghadapi tantangan dari berbagai pihak.

Memiliki kualitas androgini
Pemimpin wanita yang sukses biasanya juga mampu mengawinkan sisi maskulin dan femininnya dengan baik. Selain mau berinovasi, ia bisa bertindak sebagai pemimpin, sebagai teman, dan menjalankan multiperannya dengan baik.

Work or Life Balance
Salah satu tantangan terberat para ibu bekerja adalah dapat menyeimbangkan antara kepentingan pekerjaan dan kehidupan pribadi, termasuk keluarga. Keseimbangan antara dua kepentingan ini dapat memacu produktivitas dan kepuasan bekerja seseorang.

Enjoy
Segala sesuatu yang dilakukan atas dasar cinta (passion) biasanya akan terus bertahan lebih lama dan dapat dinikmati.

Kultur Keluarga dan Perusahaan 
Selain faktor individu, keberhasilan seorang wanita juga sangat ditentukan oleh faktor di luar dirinya, antara lain kultur keluarga dan perusahaan tempatnya bekerja. Sebagai wanita Timur, keluarga adalah prioritas. Sehingga keputusan perempuan untuk menerima posisi puncak juga dipengaruhi oleh dukungan penuh dari keluarga maupun keluarga besar.

Karakter pasangan 
Faktor eksternal yang tak kalah pentingnya adalah dukungan pasangan. ‘Beruntung’ bila memiliki pasangan yang komplementer. Artinya, pria di balik sukses seorang wanita adalah pria yang sangat percaya diri, toleran, dan punya genderless mind.
_______________________________________________

http://www.pesona.co.id/article/10-karakter-pemimpin-wanita

Tanggapan :

mautic is open source marketing automation