Hubungan Media Atau Media Relations Dalam Konteks Humas

Hubungan Media Atau Media Relations Dalam Konteks Humas

Hubungan Media Atau Media Relations Dalam Konteks Humas – Kegiatan seorang praktisi Humas yang selalu berhubungan dengan masyarakat atau stakeholder lainnya tentu harus memiliki suatu hubungan yang khusus pula dengan media massa yang selalu menjadi konsumsi bagi masyarakat. Era modern yang berkembang dengan pesat menuntut pula seorang Humas untuk lebih proaktif dalam membangun sebuah relasi yang baik dengan beberapa pihak media. Sebelum membahas lebih jauh, perlu menjelaskan sebenarnya apa itu Hubungan Media atau Media Relations dalam Konteks Humas ?

Pengertian Media Relations menurut para ahli :

Menurut Frank Jeffkins, 2000
Hubungan media adalah suatu usaha untuk mencari publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi Humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi perusahaan yang bersangkutan.

Menurut Philip Lesly, 1991
Media Relations adalah hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.

Menurut Yosal Iriantara, 2005
Media Relations merupakan bagian dari Public Relations Eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan Media Massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan Publik untuk mencapai tujuan organisasi.

Jika disimpulkan dari beberapa teori diatas maka dapat disimpulkan jika Media Relations adalah “Suatu tindakan yang dilakukan oleh Praktisi Humas sebagai kegiatan Public Relations Eksternal dengan media massa (elektronik dan cetak) sebagai langkah – langkah untuk membangun hubungan baik dengan media massa yang nantinya akan berdampak pada pemberitaan informasi atau pesan dalam media massa itu sendiri guna mempertahankan citra positif dari suatu organisasi yang dinaunginya”

Tidak bisa dipungkiri jika ruang atau space dalam suatu media massa sangat terbatas setiap harinya, kita mengenal jika dalam media massa cetak yang menjadi ruang adalah jumlah halaman koran atau majalah sedangkan dalam media massa elektronik adalah waktu atau durasi penayangan. Ruang yang terbatas dalam media massa tentu tidak akan menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi seorang praktisi Humas jika dapat membina hubungan baik sejak awal dengan instansi – instansi media massa, karena dengan adanya hubungan yang baik maka kemungkinan pemuatan berita atau Press Release lebih besar.

Banyak metode yang digunakan Praktisi Humas dalam upayanya untuk membangun Media Relations yang baik dengan Media Massa, berikut metode – metodenya :

1. Konferensi Pers : metode ini sering sekali kita dengar, khususnya dalam dunia Media Elektronik Tv. Bagi seorang Humas Konferensi Pers sangat efektif untuk mengklarifikasi krisis atau isu yang terjadi dalam organisasi tersebut. Ciri – ciri dari Konferensi Pers biasanya diadakan dalam sebuah ruangan yang disitu telah ada beberapa awak media yang sengaja diundang oleh Humas guna menyebarkan informasi atau pesan yang disampaikan.

BACA JUGA:  9 Kesalahan Yang Harus di Hindari Pemimpin

Bagi seorang Jurnalis konferensi pers tentu saja bermanfaat, sebab wartawan tidak perlu lagi mencari – cari berita atau mengejar narasumber yang tidak jelas keberadaannya. Metode Konferensi Pers menguntungkan bagi kedua belah pihak, bagi Humas dapat disalurkannya informasi atau pesan, sedangkan bagi jurnalis dapat bahan pemberitaan dengan mudah.

2. Resepsi Pers : menurut saya metode ini digunakan untuk menjalin hubungan informal antar humas dengan wartawan. Justru hubungan informal inilah yang dapat digunakan senjata bagi seorang humas ketika dituntut untuk cepat menginformasikan klarifikasi isu dalam media massa, sebab biasanya wartawan akan senang hati untuk mempublikasikan (bila dianologikan seperti hubungan teman sepermainan yang salah satunya sedang dalam posisi kesulitan). Resepsi Pers dilakukan dengan cara mengundang wartawan untuk datang pada waktu tertentu dan tempat tertentu untuk sekedar makan bersama dan berbincang – bincang kecil.

3. Kunjungan Pers : Metode Kunjungan Pers hampir sama yaitu mengundang wartawan untuk datang, yang membedakan adalah situasi yang sedang dihadapi oleh organisasi. Biasanya Kunjungan Pers diadakan ketika organisasi tidak sedang mengalami krisis atau minimal krisis yang terjadi sudah dapat diatasi. Tujuan dengan diadakannya Kunjungan Pers untuk mendorong praktisi jurnalis memberitakan suatu pemberitaan yang positif. Latar diadakannya Kunjungan Pers biasanya terjadi pada saat Promosi produk atau jasa baru, Company Visit guna memberitakan seluk beluk dari perusahaan untuk menghilangkan rasa penasaran masyarakat, atau dalam keadaan peresmian pejabat dan kantor baru.

4. Media Release : Metode ini sering kita dengan sebagai Press Release, yang dimaksud dengan Press Release adalah teks berita yang dibuat oleh praktisi humas mengenai isu atau pengenalan produk dan sosialisasi kebijakan kepada jurnalis dengan harapan akan dimuat dalam media massa. Tanpa adanya hubungan yang baik terlebih dahulu antara Humas dan Media Massa maka dapat dipastikan kecil kemungkinannya Press Release yang telah dikirimkan akan dimuat. Untuk itu ada baiknya seorang Praktisi Humas melakukan metode nomor 2 dan 3 terlebih dahulu untuk perkenalan.

Dalam penerapannya yang ada di Indonesia seringkali disalahartikan jika membangun hubungan baik dengan media massa harus melalui uang, mungkin memang ada beberapa oknum jurnalis yang meminta uang kepada humas guna peliputannya, tapi yang jadi pertanyaan adalah apakah relasi seperti itu dapat dikatakan baik ? menurut saya Humas dan Jurnalis adalah teman yang seharusnya saling membantu dan menguntungkan satu sama lain. Bukan bearti saya menyalahkan pihak Jurnalis, tapi kadang ada pula oknum humas guna kepentingan pemuatan berita menyogok pihak jurnalis. Ada baiknya jika oknum – oknum keduabelah pihak saling intropeksi diri.
_____________________________
http://ciptakanide.blogspot.co.id/2013/09/hubungan-media-atau-media-relations.html//galuh candra – Wednesday, 18 September 2013

SHARE THIS:

Tanggapan :

mautic is open source marketing automation