Menulis tentang Hal Luar Biasa

images_Kriteria tulisan BagusPernahkah kamu membaca tabloid? Mungkin membaca sekilas judul-judulnya sambil menunggu antrean di toko kelontong? “Wanita Melahirkan Bayi Tiga Puluh Kilo”, “Seorang Pria Ditangkap Makhluk Asing, Dipaksa Menyanyikan Lagu Patriotik untuk Kembali ke Bumi”, “Mantan Pegulat Profesional Terpilih sebagai Gubernur” (ini kenyataan). Pernahkah kamu bertanya-tanya, dari mana cerita-cerita ganjil ini berasal?

Kejadian luar biasa terjadi di seluruh dunia setiap waktu. Untuk menemukan yang unik dan tidak biasa, amati apa yang terjadi di sekitarmu. Hal-hal aneh apakah yang terjadi di dalam kehidupanmu? Orang luar biasa yang kamu ketahui? Mengenai apakah cerita luar biasamu? Memang, cerita luar biasamu mungkin bukan mengenai sesuatu yang seaneh bertemu makhluk asing, tetapi hidup sering menyajikan segala macam kejadian aneh-tapi-nyata: seorang tetangga yang mendengkur begitu keras sehingga kamu dapat mendengarnya dari dalam rumahmu atau seorang sepupu yang memainkan lagu di piano secara sempurna setelah mendengarnya hanya sekali di radio (dan ia tidak pernah mengikuti kursus piano). Lihat ke masa lalumu: mungkin kamu punya leluhur yang ternyata aktor atau politisi ternama … atau seorang perampok bank!

Jelajahi hal-hal tidak biasa atau tidak terduga dalam kehidupanmu dan dalam tulisanmu. Rentangkan kebenaran sedikit, jika kamu mau. Tulislah sebuah cerita yang sebenarnya jauh, tetapi terasa terjadi di rumah sendiri jika dimuat dalam sebuah tabloid.

 

Nulis, Yuk! … 

Tulislah sebuah cerita “tabloid” mengenai dirimu atau seorang kerabatmu. Ciri-ciri aneh dan lucu apakah yang ada dalam keluargamu? Kejadian luar biasa apa yang pernah terjadi? Jika tak satu pun terlintas dalam pikiran, galilah masa lalu atau berbicaralah dengan anggota keluarga untuk mendapat beberapa inspirasi. Melihat-lihat album foto, buku harian lama, atau buku bayi adalah cara hebat untuk mengungkap informasi mengenai sejarah keluargamu.

BACA JUGA:  Dua Belas Alasan Menulis

Leluasalah untuk menjabarkan (bahkan membesar-besarkan) ceritamu. Bagaimana kamu dapat membuat dirimu atau kerabatmu tampak luar biasa? Jika kamu mengungkapkan orang terkenal atau seorang biang kerok dalam silsilah keluargamu, kamu dapat menuliskan gambaran tentang bagaimana seandainya kamu dapat bertemu dengan mereka kini. Cerita apa yang dapat kamu ceritakan mengenai leluhurmu yang lainnya? Bagaimana pertemuan dengan mereka akan memengaruhimu? Apakah kamu merasa bangga atau mungkin tidak begitu bangga memiliki mereka sebagai bagian dari sejarahmu? Apakah kamu melihat kualitas serupa dalam dirimu? Apa yang dapat kamu pelajari dari kehidupan mereka? []

 

Sumber: disalin dari buku “Daripada Bete Nulis Aja!”, karangan Carry Mirriam-Goldberg, Ph.D., terbitan Kaifa for Teens, hal. 98-99.

Print Friendly

Komentar

Tanggapan :

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->