Pelatihan Menulis Artikel Opini & Ilmiah Populer

Pelatihan Menulis Artikel Opini & Ilmiah Populer

Hotel Grand Serela Bandung / tgl 17 - 18  Oktober 2016

Stigma yang masih kuat melekat pada banyak kaum professional bahkan intelektual sekalipun: menulis itu sulit, dan saya nggak bisa.

Padahal berbagai fakta semakin membuktikan bahwa sebenarnya bukanlah bakat bawaan, tetapi sebuah keterampilan biasa seperti keterampilan lain pada umumnya. Artinya keterampilan menulis itu dapat dilatih dan ditingkatkan, salah satunya melalui pelatihan menulis ini.

TARGET PELATIHAN

Melalui dan editing ini, ada tiga keterampilan menulis utama yang akan ditingkatkan, yaitu:

1. Keterampilan Menulis (Writing Skill)
Yaitu keterampilan menuangkan gagasan/ide menjadi sebuah tulisan. Biasanya ini merupakan ketrampilan yang sulit bagi kebanyakan orang. Ada berbagai “sumbatan” yang muncul saat akan menuliskan idea tau informasi. Sumbatan atau hambatan menulis inilah yang harus “dihancurkan” sehingga kemudian menulis pun jadi lancar.

2. Keterampilan Berbahasa
Yaitu keterampilan dalam menuliskan dan menyusun kalimat-kalimat, sesuai ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan sekaligus pembaca tetap mudah memahami maksud penulis.

3. Keterampilan Editing
Yaitu keterampilan meramu sekaligus menyunting berbagai bahan/resources menjadi sebuah naskah yang baik. Termasuk juga keterampilan dalam memilih angle, mendesain alur penulisan, dan mengemasnya menjadi sebuah naskah yang menarik minat baca.

MATERI PELATIHAN MENULIS

Writer's Block
1. Cara Mengatasi Hambatan Menulis
2. Berbagai Ragam Teknik Menulis
3. Mempraktikkan Mindmapping

Proses Kreatif Dalam Menulis
1. Melahirkan, Mengembangkan & Menyempurnakan Ide
2. Menentukan Tema/Topik
3. Menggagas Judul
4. Membuat Lead
5. Mengembangkan Konten
6. Ending

Membuat Tulisan Yang Enak Dibaca
1. Kriteria Tulisan Yang Baik
2. Teknik Menulis Efektif
3. Plot & Alur Tulisan

Self Editing
1. Jenis Bahasa Tulisan
2. Teknik Menyunting

Keterampilan Berbahasa
1. Tulisan Ilmiah & Tulisan Populer
2. Penggunaan Berbagai Jenis Kalimat
3. Penggunaan Ejaan & Tanda Baca

Praktek & Latihan
1. Praktek Menulis dan Menyunting Artikel
2. Bedah Naskah & Evaluasi Naskah

PESERTA PELATIHAN
Pelatihan menulis ini terbuka untuk umum, termasuk para professional berbagai bidang, akademisi, peneliti, dosen, humas, corporate communications, corporate secretary, manager berbagai bidang, dllsb.

BIAYA PELATIHAN
Biaya pelatihan : Rp. 4.500.000 / orang

Catatan:
- Biaya sudah termasuk modul, sertifikat, coffee break dan makan siang.
- Tidak termasuk biaya penginapan

PEMANDU PELATIHAN

1. HERNOWO

hernowoTak ada penulis yang tidak mengenal Hernowo, penulis dan editor handal Indonesia. Lewat bukunya yang sangat terkenal, “Mengikat Makna” lulusan Teknik Industri ITB, CEO dari Mizan Learning Center ini telah mengompori dan menginspirasi ribuan penulis. Prestasinya mencengangkan. Hanya dalam kurun waktu yang sangat pendek, empat tahun (2001-2005) 24 buku lahir. Padahal beliau baru memulainya pada usia tua, 44 tahun.

Hernowo, lahir di Magelang pada 12 Juli 1957, bergabung di Mizan pada 1984. Sejak tahun 2008 Hernowo menjadi salah satu anggota Dewan Komisaris Mizan Pustaka. Sebelum menjadi anggota Dewan Komisaris, Hernowo menjadi CEO Mizan Learning Center (MLC). Kariernya di Mizan dimulai di bagian produksi kemudian redaksi. Pada 1997, dia menjadi General Manager Editorial Penerbit Mizan. Kehidupannya berubah drastis ketika pada 1999 diserahi tanggung jawab untuk mengelola penerbit baru bernama Kaifa. Buku pertama terbitan Kaifa, Quantum Learning, telah mengubah hidupnya.

Berkat Quantum Learning, Hernowo berhasil mengembangkan potensinya menjadi guru, trainer, motivator, dan penulis produktif. Karya-karyanya kini berjumlah lebih dari 35 buku. Sebagian besar karyanya membahas kegiatan membaca dan menulis (atau ”mengikat makna”) yang memberdayakan. Beberapa karyanya yang lain mengulas metode-metode baru kegiatan belajarmengajar yang berbasiskan cara kerja otak. Ciri buku-buku karya Hernowo adalah ditulis dalam bahasa obrolan dan dikemas dengan ringan.

Keaktifannya menggalakkan budaya baca-tulis di Indonesia diganjar oleh Panitia ”World Book Day Indonesia I” pada tahun 2006. Hernowo menjadi orang pertama dari Indonesia yang mendapat penghargaan dari Panitia ”World Book Day Indonesia I” sebagai penulis yang berhasil menginspirasi dan membangkitkan semangat para pembaca bukunya untuk menjalankan kegiatan membaca dan menulis yang memberdayakan.

Buku-buku bestseller-nya, antara lain, Mengikat Makna, Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza, Quantum Reading, Quantum Writing, Self-Digesting: “Alat” untuk Mengurai dan Mengenali Diri, Vitamin T: Bagaimana Mengubah Diri lewat Membaca dan Menulis, Langkah Mudah Membuat Buku yang Menggugah, dll.

Mas Hernowo telah menjadikan teks bukan sebagai lautan huruf mati—yang susah digauli dan diterjuni-tetapi sebagai bagian dari keakraban hidup sehari-hari.” ----- SINDHUNATA, Majalah Basis

2. J. HARYADI

J haryadi
J haryadi

• Ketua Aliansi Penulis Indonesia (API) Jawa Barat
• Direktur Mr. Pen Indonesia Cabang Jawa Barat
• CEO ProExpert Publishing
• Chief Executive JV Interactive
• Penulis dan Trainer bidang Kepenulisan dan Jurnalistik

Buku-buku yang telah diterbitkan antara lain:

• Spiritual Motivation for Success, PT. Elex Media
Komputindo, Jakarta, 2012
• Perisai Asmara , PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2012
• Anda Dilahirkan Sebagai Pemenang, Bukan Sebagai
Pecundang, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2012
• Muhammad Sebagai Bisnisman Ulung, Quanta, Jakarta, 2010
• Dahsyatnya Sabar, Syukur dan Ikhlas Muhammad,
RuangKata, Bandung, 2010
• 17 Rahasia Memenangkan Persaingan Bisnis,
Fokusmedia, Bandung, 2009
• Mengintip Rahasia Sukses 17 Pengusaha Bermodal Tekad,
Mata Air Publishing, Jakarta, 2007.
• Sistem Informasi Manajemen Pejabat Tinggi TNI Edisi-1,
Setum Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, 2005.

Cara Pendaftaran

Silakan hubungi kami via Telp/SMS ke 0812 23680500 untuk informasi dan pendaftaran, atau bisa juga dengan cara mengisi formulir di bawah ini:

 

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation -->