Bapak/Ibu Ykh,

Kemampuan menyunting karangan/naskah mutlak dimiliki para profesional ataupun pegiat yang bergerak dalam bidang tulis-menulis, seperti staf humas, staf pengelola penerbitan internal, jurnalis, maupun para widyaiswara/dosen/guru.

Menyunting naskah karangan tidak hanya menyangkut persoalan kalimat atau bahasa, tetapi juga persoalan teknis lainnya yang terkait dengan penerbitan sebuah produk untuk publik terbatas maupun publik terbuka.

TARGET PROFESSIONAL EDITING WORKSHOP

Setelah mengikuti workshop copy editing ini, para peserta akan memahami bahasa standar untuk karya-karya nonfiksi dan aturan-aturan standar dalam penilaian dan penyeliaan naskah dengan menggunakan prinsip-prinsip penyuntingan.

Peserta juga akan mampu menyunting naskah-naskah biasa menjadi naskah yang mudah dipahami, professional sekaligus menarik untuk dibaca.

pelatihan copy editingpelatihan menyunting naskahundangan pelatihan copy editing

MATERI WORKSHOP

1. Kompetensi Editor Profesional
2. Ruang Lingkup Tugas Editing/Menyunting Naskah
3. Editing Kebahasaan
4. Anatomi Tulisan
5. Mechanical Editing (Penyuntingan Bahasa dan Gaya Selingkung)
6. Substantive Editing (Penyuntingan Penyajian Konten)
7. Hak Cipta dan Plagiarisme
8. Penggagasan Gaya Selingkung
9. Rambu-Rambu Editing
10. Editing on Screen (Penggunaan Fasilitas Microsoft Word)

PEMANDU MATERI

BAMBANG TRIM

pemateri penyuntingan naskahBanyak kalangan mengakuinya sebagai master editologi dan publishing science Indonesia. Dari tangan dingin Bambang, lahir racikan buku-buku bestseller, seperti Aa Gym Apa Adanya, Setengah Kosong Setengah Isi, dan The True Power of Watter, yang telah terjual lebih dari 50.000 eksemplar dalam waktu kurang dari setahun.

Saat ini Bambang adalah CEO Dixigraf Publishing Service dan TrimKom yang bergerak dalam bidang konsultasi penerbitan.

Sebelumnya ia adalah Chief Editor & GM Penerbit Tiga Serangkai, Direktur MQ Publishing, Direktur Penerbit Salamadani, dan juga menjadi konsultan di beberapa penerbit terkemuka Indonesia diantaranya Serambi, Pustaka Al-Kautsar, Cicero Publishing, Grafindo, Penerbit UT, LIPI Press, Binus Business School, dan sebagainya.

Bambang Trim juga produktif sebagai penulis dengan lebih dari 120 judul karya buku. Tulisannya tersebar di berbagai media massa, seperti Kompas, Mitra Desa, Hikmah, Hoplaa, Republika, Pikiran Rakyat, Matabaca, Medan Bisnis, dan Galamedia. Ia pernah meraih Juara I Lomba Penulisan Buku Cerita Keagamaan Depag RI pada 2002, jadi Juara I Lomba Penulisan Artikel Perbukuan 50 Tahun IKAPI, dan banyak lagi prestasi lainnya.

Beberapa diantara karyanya merupakan buku-buku panduan utama di bidang editologi, diantaranya: Taktis Menyunting Buku, Memahami CopyEditing, dllsb.

Ia pun pernah mengajar sebagai dosen di Program Studi D3 Editing Unpad, Politeknik Negeri Jakarta Jurusan Penerbitan, dan Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Penerbitan.

PERALATAN YANG DIBAWA
Peserta wajib membawa laptop untuk pelatihan langsung pengeditan menggunakan program MS-Word.

PESERTA YANG DISARANKAN

• Redaksi/Editor Media Instansi/Perusahaan
• Editor Penerbit Buku
• Widyaiswara
• Humas/Public Relations
• Staf Pusdiklat
• Redaksi Mass Media
• Corporate Communications
• Corporate Secretary
• Akademisi, Peneliti, dan peminat umum lainnya
• Pimpinan dan staf fungsional (dari berbagai unit/divisi/bagian) yang sehari-hari bergelut dengan tugas-tugas penulisan dan naskah.

INVESTASI / BIAYA
Investasi untuk mengikuti pelatihan ini adalah Rp. 3.900.000 per orang

Catatan:
- Investasi itu sudah termasuk fasilitas modul, sertifikat, 2x coffee break dan makan siang.
- Tidak termasuk biaya penginapan

WAKTU & TEMPAT

Pelatihan diselenggarakan pada waktu dan tempat yang dapat ditentukan sendiri oleh kantor Bapak/Ibu (kelas khusus), dengan jumlah peserta minimal 4 orang.

Silakan isi form berikut ini untuk permintaan kelas khusus (in house):

Nama (wajib diisi)

Email (wajib diisi)

Perihal

Pesan Anda

 


Pelatihan lain terkait: Pelatihan Menulis | Pelatihan Jurnalistik

Print Friendly
 

Tags: , , , , , ,