Strategi Menyusun Komunikasi Pemasaran yang Efektif

Strategi Menyusun Komunikasi Pemasaran yang Efektif

Komunikasi sangat diperlukan di setiap lini kehidupan manusia, termasuk dalam berbisnis. Anda bisa meggunakan komunikasi untuk menjalin hubungan baik antara penjual dan pembeli. Komunikasi yang baik akan menghasilkan kualitas kegiatan bisnis yang baik pula. Demikian juga dengan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan suatu produk dalam usaha anda.

Komunikasi pemasaran dipelajari untuk membangun komunikasi antara penjual kepada pembeli agar mereka mau membeli produk yang anda pasarkan. Kemampuan ini sangat diperlukan oleh para marketing untuk menarik konsumen dengan baik. Meski banyak keuntungan, tidak semua lini bisnis menguasai komunikasi pemasaran, anda akan mendapatkan keuntungan lebih jika mau belajar komunikasi pemasaran.

Sebagai sarana untuk menawarkan suatu barang kepada calon konsumen, komunikasi pemasaran juga dapat mendekatkan konsumen terhadap produk yang akan dijual. Bahkan bisa menjadi sarana bertukar pendapat dan memberikan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan produk tersebut.

Strategi Menyusun Komunikasi Pemasaran yang Efektif

Jika anda ingin meningkatkan penjualan melalui komunikasi pemasaran, sebaiknya ikuti strategi pemasaran berikut ini :

Lakukan interaksi secara intens dengan calon pembeli

Komunikasi pemasaran akan menghubungkan anda dengan pembeli atau calon pembeli. Jika anda ingin produk anda cepat laku maka berkomunikasilah secara intens dengan pembeli. Bisa dilakukan secara rutin jika pembeli anda sudah berlangganan, atau melakukan komunikasi di berbagai awal waktu untuk mendapatkan perhatian calon pembeli.

Gunakan 3 sarana menggapai konsumen

Melakukan strategi pemasaran terdapat 3 sarana yang sering digunakan untuk mendapatkan konsumen. Tiga sarana tersebut diantaranya adalah :

· Face to Face
Jenis ini merupakan komunikasi langsung antara penjual dan pembeli. Keduanya bertemu langsung dan menjalin komunikasi, memperkenalkan produk dan menawarkan kepada calon konsumen. Komunikasi jenis ini kurang diminati karena memiliki kendala waktu dan biaya yang tidak sedikit.

· Media cetak
Melalui media cetak anda akan mempermudah melakukan komunikasi pemasaran produk. Anda bisa memanfaatkan brosur, surat kabar, koran, majalah, spanduk dan stiker sebagai sarana promosi komunikasi pemasaran konsumen kepada anda. Cara ini membutuhkan modal untuk menggunakan media cetak. Dikenal pula dengan istilah periklanan.

BACA JUGA:  Definisi Humas/Public Relations

· Internet
Saat ini internet menjadi salah satu sarana komunikasi pemasaran yang sangat besar. Para pembisnis lebih memilih cara ini, karena informasi yang diberikan bisa setiap saat 24 jam dan harganya yang relatif murah. Bahkan melalui internet interaksi penjual dan pembeli bisa dilakukan dengan lebih cepat dan jarak jauh dengan harga terjangkau.

Fokus pada fungsi komunikasi pemasaran

Agar komunikasi pemasaran anda terlaksana dengan baik, fokuslah pada fungsi dari komunikasi pemasaran itu sendiri. Berbagai fungsi dari komunikasi pemasaran diantaranya adalah:

– Menginformasikan kepada konsumen tentang suatu produk yang di jual seperti
bagaimana, apa dan mengapa mereka harus membeli produk tersebut.
– Memperkenalkan citra perusahaan atau nama perusahaan pada konsumen
– Meningkatkan penjualan produk dengan cepat dan tepat

Menentukan Tujuan Komunikasi

Tentukan tujuan komunikasi pemasaran, karena hal ini sangat diperlukan agar komunikasi pemasaran dapat berlangsung dengan baik dan bisa diterima oleh konsumen. Berdasarkan model hirarki pengaruh, Rossiter dan Percy mengindentifikasi empat kemungkinan tujuan komunikasi pemasaran diantaranya adalah :

Kebutuhan kategori, Penentuan produk atau jasa untuk mengalihkan atau memuaskan perbedaan anggapan antara motivasi onal dan keadaan emosional yang diharapkan.

Keadaan merek, yaitu kemampuan mengidentifikasi merek dengan kategori yang rinci agar melakukan pembelian.

Sikap merek, dapat mengevaluasi merek dengan memperhatikan anggapan terhadap kebutuhan saat ini. Kebutuhan merek relevan bisa berorientasi negatif atau berorientasi positif (gratifikasi indra, stimulasi intelektual, atau persetujuan social).

Maksud pembelian merek, yaitu intruksi mandiri untuk membeli merk atau mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian. Bisa dalam bentuk tawaran kupon atau penawaran dua atau satu dorongan konsumen melakukan komitmen mental mengambil produk.

____________________________________________________
Sumber: http://www.kembar.pro/2015/07/strategi-menyusun-komunikasi-pemasaran-yang-efektif.html

Tanggapan :

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation