Tips Mengatasi Manajemen Waktu Yang Tidak Tersistematis

Tips Mengatasi Manajemen Waktu Yang Tidak Tersistematis

Manusia dan makhluk hidup lainnya hidup dalam waktu yang terus berjalan tanpa henti. Saat anda berhenti mengerjakan sesuatu maka waktu anda akan hilang dengan sia-sia dan dibutuhkan #manajemen waktu yang efektif. Waktu tidak akan bisa kembali lagi meski dengan cara apapun. Itulah fitrah dari waktu yang selama ini kita ketahui.

Pepatah dari orang barat yang menyatakan bahwa “Time is Money” atau waktu adalah uang adalah sangat tepat sekali. Peluang datang silih berganti di hadapan Anda, tinggal dimana kesiapan Anda untuk meraih peluang tersebut dan merealisasikannya menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk hidup Anda.

Namun justru banyak dari kita yang menyia-nyiakan waktu yang dimiliki untuk hal-hal yang sia-sia. Tidak memanfaatkannya dengan baik dan mengakibatkan sesuatu yang sia-sia. Terutama bagi masyarakat Indonesia yang banyak kurang menghargai waktu sehingga memiliki manajemen waktu yang tidak Tersistematis

Tips Mengatasi Manajemen Waktu Yang Tidak Tersistematis

Berikut ini tips bagi anda untuk mengatasi manajemen waktu yang tidak karuan :

  • Gunakan skala prioritas untuk mengerjakan sesuatu

Skala prioritas yang dimaksud adalah mendahulukan mengerjakan sesuatu berdasarkan tingkatan kepentingannya. Suatu ketika anda akan dihadapkan dengan pilihan antara menyelesaikan satu pekerjaan tertentu dengan pekerjaan lainnya. Saat itulah anda harus bisa menentukan mana kegiatan yang lebih penting dan harus didahulukan.

Tidak semua pekerjaan yang ada di depan mata bisa anda kerjakan dengan baik, hal ini karena waktu dan tenaga anda yang sangat terbatas. Untuk itu, agar semua pekerjaan yang ingin anda kerjakan bisa terselesaikan dengan baik, anda harus menentukan berdasarkan skala prioritas.

  • Buat Rencana Kerja Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Buatlah target apa saja yang akan dicapai dalam waktu dekat maupun jangka panjang, selalu buat rencana kerja tertulis baik dari sisi pekerjaan, target serta waktu pelaksanaannya atau membuat time table pekerjaan.

Bekerja secara sistematis dan terjadwal akan sangat efektif untuk menghindari waktu yang terbuang secara sia-sia. Ketika memulai pekerjaan di pagi hari sebaiknya Anda sudah terlebih dahulu tahu apa yang akan Anda kerjakan dan target apa yang harus dicapai untuk hari ini.

Demikian pula ketika Anda hendak istirahat tidur malam, Anda harus sudah bisa menjadwal apa saja skala prioritas yang akan Anda kerjakan besok hari, demikian pula seterusnya.

  • Budayakan tepat waktu
BACA JUGA:  Menaklukkan Kesemrawutan E-mail

Tepat waktu menjadi salah satu kunci utama dalam mengatur manajemen waktu. Jika pengaturan waktu anda sangat tidak karuan bisa jadi masalah pokoknya adalah budaya tidak tepat waktu. Saat anda mengerjakan sesuatu, anda terus menunda dan akibatnya pekerjaan anda tidak terselesaikan dan masalah dalam manajemen waktu menjadi salah satu permasalahan utamanya.

Budaya tidak tepat waktu bukanlah hal yang baik, di satu sisi reputasi anda akan terpuruk dan kepercayaan orang terhadap anda akan menurun. Selain itu kebiasaan tidak tepat waktu akan membuat anda membuang banyak waktu dengan percuma dan kehilangan fokus ketika sedang mengikuti kegiatan atau rapat. Gunakanlah waktu sebaik mungkin meski itu hanya satu detik.

  • Kerjakan segala sesuatu dengan cepat dan tepat

Jika anda merasa manajemen waktu yang berantakan, cobalah untuk mengerjakan segala sesuatu dengan cepat. Semakin besar tanggung jawab anda, biasanya akan semakin banyak pula pekerjaan yang harus diselesaikan.

Sementara waktu hidup kita dalam sehari tidak bertambah sama sekali, yaitu hanya 24 jam. Itu pun belum dikurangi waktu istirahat dan menjalankan segala aktifitas keseharian.

Untuk itu penting untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Lakukan hal-hal yang penting untuk dilakukan dan selesaikan pekerjaan dengan cepat. Memang cepat saja tidak cukup, anda harus menyelesaikannya dengan tepat yaitu tepat sasaran dan sesuai dengan langkah yang harus dilakukan.

  • Gunakan setiap waktu luang untuk sesuatu yang bermanfaat

Setiap orang pasti akan memiliki waktu luang. Namun tiap orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai penggunaan waktu luang, ada yang menggunakan waktu luang untuk bersantai. Ada pula yang menggunakannya untuk menjalankan pekerjaan.

Jika anda merasa waktu luang anda tidak dimanfaatkan dengan baik selama ini, mulai detik ini belajarlah untuk memanfaatkan waktu luang. Penggunaan waktu luang yang baik akan membantu anda untuk mengatasi masalah dalam manajemen waktu yang tidak karuan.

Sebagian besar orang sukses karena berkat kerja keras dan manajemen waktu yang baik. Setiap orang memiliki waktu yang sama dalam menjalankan hidupnya, namun tiap orang berbeda dalam memperlakukan waktu yang dimiliki.

Gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk segala hal yang bermanfaat, pastikan anda bisa mengatur manajemen waktu agar tecapai harapan dan cita-cita.

____________
Disadur dari: http://www.kembar.pro/2015/08/tips-mengatasi-manajemen-waktu-yang-tidak-tersistematis.html

Tanggapan :

error: Content is protected !!
mautic is open source marketing automation