cara-memilih-komputer-laptop-sesuai-kebutuhan

Bagaimana Cara Memilih Komputer atau Laptop Sesuai Kebutuhan?

  • 11 Februari 2021

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika kita mau membeli komputer atau laptop agar tidak menyesal di kemudian hari?

Menurut saya, yang paling utama, kenali benar-benar kebutuhan komputer atau laptop itu akan digunakan untuk apa, baik sekarang maupun bahkan untuk beberapa tahun ke depan.

Lalu hal kedua, untuk menunjang kebutuhan tersebut, spesifikasi komputer atau laptop nya seperti apa. Yang benar-benar sesuai.

Saya pernah membeli sebuah laptop untuk keperluan anak yang mau kuliah. Dengan asumsi hanya untuk kuliah, maka saya perkirakan kemampuan laptop yang dibutuhkan hanya untuk email, browsing, dan mengerjakan tugas-tugas kuliah saja.

Tapi ternyata asumsi kebutuhan itu salah besar. Belakangan baru disadari, spesifikasi laptop atau komputer yang diperlukan itu ternyata juga harus memiliki kemampuan grafis dan kecepatan yang tinggi. Jadi terpaksa harus ganti laptop.

Hal seperti inilah yang bisa terjadi jika kita “kurang peduli” atau terlalu acuh terhadap spesifikasi kebutuhan. Akibatnya preferensi kita dalam memilih komputer atau laptop .. gelap banget. Tidak tau secara persis kebutuhan minimal spesifikasi komputer atau laptopnya seperti apa.

Laptop atau Desktop

Ada perbedaan yang sangat signifikan antara komputer desktop dengan laptop. Jika ditinjau dari aspek kinerja atau kemampuan, maka komputer jauh lebih unggul daripada dengan laptop.

Mengapa? Karena komputer punya kapasitas yang jauh lebih besar dibanding laptop. Kapasitas yang dimaksud adalah Hardisk, RAM, VGA, Processor, dan juga komponen-komponen komputer lainnya.

Namun, dari segi kepraktisannya, memang laptop lah yang lebih unggul. Laptop dirancang dengan body yang simpel dan praktis. Komponen-komponen yang ada di laptop pun didesain menyatu, sehingga laptop lebih mudah dibawa kemana-mana dan dipakai kapan saja.

Laptop akan jadi pilihan tepat jika akan banyak digunakan dalam mobilitas tinggi. Berbeda dengan komputer yang memang dirancang bukan untuk mobilitas.

Jadi tanyakan diri sendiri sebelum membeli. Apakah akan lebih banyak digunakan di tempat (rumah atau kantor) ataukah komputer/laptop yang mau dibeli itu untuk memenuhi kebutuhan mobilitas kita atau tidak.

Advertisements
Loading...

Kalau lebih banyak dipakai di rumah atau akan menetap di kantor, mengapa pula harus memilih laptop? Minimal munculkan pertanyaan seperti itu.

Spesifikasi Komponen Yang Diperlukan

Biasanya spesifikasi yang paling umum dijadikan bahan pertimbangan adalah:

  • Prosesor/CPU:
    Disini maksudnya adalah kekuatan dan kecepatan prosesor laptop/komputer. Semakin banyak core (otak) pada prosesor artinya semakin banyak pekerjaan yang bisa diproses pada waktu bersamaan.Kalau kebutuhannya ringan saja, misal hanya untuk browsing, email, chatting, word, dan excel maka prosesor dual (2) core saja sudah cukup. Tapi jika laptop atau komputer nya akan digunakan untuk video editing, 3D, gaming … maka minimum yang disarankan adalah quad (4) prosesor.
  • Memori/RAM:
    RAM adalah memory yang membantu komputer/laptop menjalankan berbagai program secara bersamaan. Semakin besar RAM, semakin banyak program/aktivitas yang bisa dijalankan tanpa memperlambat komputer.Apabila tidak memiliki RAM yang cukup, maka efeknya program akan berjalan lamban atau bahkan rusak. Umumnya Kapasitas 4 GB adalah jumlah RAM yang ideal. Tapi untuk para gamer dan desainer grafis setidaknya harus memilih RAM yang dua kali lipat.
  • HardDisk:
    Yaitu ruang kapasitas penyimpanan data, biasanya diukur dalam satuan Gigabyte (GB) atau Terabyte (TB). Semua dokumen, program, foto, video, dan musik akan menggunakan ruang ini. Secara umum, semakin banyak kapasitas penyimpanan yang tersedia akan semakin baik.
  • Video Card:
    Jika keperluan Anda hanya standard saja, Anda mungkin tidak harus khawatir tentang video card ini. Namun, jika Anda seorang penggila games atau untuk kebutuhan desain grafis, maka spesifikasi video card wajib dan penting untuk Anda periksa dan pilih dengan baik.

Intinya, semakin besar nilai setiap point-point di atas, berarti kemampuan komputer atau laptopnya akan semakin tinggi.

Mau Lebih Mudah Mencari Komputer / Laptop?

Terkadang banyak orang jadi bingung jika harus memeriksa spesifikasi tsb satu per satu ketika akan membeli komputer atau laptop. Kombinasi pilihan begitu banyak. Itu masalahnya. Jadinya malah tambah bingung.

Tapi dengan mengenali kebutuhan kita, maka seharusnya akan jauh lebih mudah. Lalu agar tidak salah dalam memilih, belanjalah di toko komputer yang fitur-fiturnya bisa membantu kita dalam menemukan komputer/laptop sesuai kebutuhan, seperti yang disediakan oleh toko komputer online Yolori yang telah menghadirkan ribuan produk IT yang tersusun secara rapi dan sistematis per kategori, mulai dari kategori notebook, desktop, monitor, workstation, server, networking, storage, software, dll. Jadi kini bagi Anda yang sedang mencari toko komputer online nggak perlu repot lagi ke jakarta notebook sebab juga bisa di Yolori ini.

Di website toko komputer Yolori itu, kita tinggal mengklik kebutuhan kita apa, lalu akan muncul spesifikasi yang sesuai, dan kemudian juga disediakan rekomendasi untuk memilih komputer/laptop nya. Model pencarian ini menurut saya sangat praktis.

Bahkan yang menariknya, kebutuhan tsb dibagi lagi atas beberapa sub-kebutuhan (sub kategori). Misalnya, kita mau mencari komputer/laptop untuk pendidikan. Nah disini kita akan diarahkan lagi memilih apakah untuk sekolah dasar, sekolah menengah ataukah untuk kuliah.

Begitu juga jika kita mau cari komputer/laptop untuk pekerjaan fotografi dan videografi. Kita akan diarahkan spesifikasi apa saja yang tepat untuk kategori fotografi online, edit foto sederhana, edit video, atau untuk seorang editor professional. Jelas model begini akan sangat membantu sekali untuk kita dalam memilih dan mencari spesifikasi komputer atau laptop sesuai kebutuhan.

Bagaimana menurut Anda?

Advertisements
Loading...

Leave a Comment: