Cara Membuat Database Website MySQL di cPanel

  • 18 November 2020

Cara membuat database MySQL cukup mudah dilakukan pada cPanel. Anda hanya memerlukan akses ke kontrol panel hosting Anda. Hampir semua website memerlukan database untuk menyimpan data yang dibutuhkan pada saat website diakses. Tutorial kami kali ini akan membantu Anda membuat user dan database di cPanel.

Database memerlukan username agar dapat diakses. Karenanya, kami juga akan membahas bagaimana membuat username untuk database yang Anda buat. Baca juga: Cara Copy Database MySQL Menggunakan PhpMyAdmin

Daftar isi :
1 Apa yang Anda Butuhkan?
2 Langkah 1: Login ke cPanel dan Pilih Menu MySQL Databases
3 Langkah 2: Masukkan Nama Database
4 Langkah 3: Buat Username
5 Langkah 4: Tambahkan User ke Database
6 Langkah 5: Cara Membuat Database MySQL dengan Memilih Semua Privileges
7 Kesimpulan

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum Anda memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki: Akses ke cPanel.

Langkah 1: Login ke cPanel dan Pilih Menu MySQL Databases.
Silakan login ke cPanel Anda, kemudian klik menu MySQL Databases seperti yang terlihat pada gambar layar anda.

Langkah 2: Masukkan Nama Database
Nama untuk database harus dimasukkan pada kolom yang tersedia (tuliskan nama database tanpa spasi). Setelah memasukkan nama database, silakan klik tombol Create Database seperti di gambar layar anda.

Langkah 3: Buat Username
Silakan klik tombol Go Back untuk kembali ke halaman pengaturan database.

Silakan scroll ke bawah dan Anda akan melihat bagian Add New User. Masukkan username pada kolom yang tersedia tanpa spasi. Masukkan juga password dan ulangi masukkan password kembali.

Anda dapat menggunakan Password Generator untuk membuat password secara acak. Jangan lupa mencatat password yang dihasilkan apabila Anda menggunakan fasilitas ini. Setelah selesai, silakan klik tombol Create User.

Langkah 4: Tambahkan User ke Database
Pada bagian Add User To Database, Anda akan melihat daftar drop down untuk User dan Database. Silakan pilih User dan Database yang ingin Anda hubungkan. Dalam contoh ini adalah user niagahos_user dengan database niagahos_namadatabase.

Setelah menekan tombol Add, akan tampil privileges seperti yang terlihat pada Langkah 5, silakan lanjut ke tahap berikutnya.

Langkah 5: Cara Membuat Database MySQL dengan Memilih Semua Privileges.
Beri tanda centang pada bagian ALL PRIVILEGES, kemudian klik tombol Make Changes seperti gambar di gambar layar anda.

Kesimpulan
Apabila semua langkah sudah dilakukan dengan benar, ini artinya Anda telah berhasil membuat database, username, serta menghubungkan username ke database dengan memilih semua privilege yang ada. Kini database Anda sudah dapat digunakan untuk website maupun script yang sedang Anda kembangkan.

Hal yang perlu Anda ingat, tutorial cara membuat database MySQL ini hanya membuat database yang masih kosong. Anda dapat membuat tabel serta seluruh entri pada database dengan cara import maupun menambahkannya secara manual.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar di akhir halaman ini! Kemudian, klik Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung dari inbox email Anda ?
————————————————–
Sumber http: https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-database-mysql-di-cpanel/

Leave a Comment: