Cara Membuat Desain Website Dengan HTML dan CSS

Layout atau susunan kerangka website adalah salah satu unsur pembuatan web yang harus paling di perhatikan. terutama untuk teman-teman yang ingin mengkhususkan diri di bagian web designer. karena tampilan website akan menggambarkan tingkat profesional seseorang web designer.

Di tutorial ini saya akan mencoba untuk menjelaskann tentang cara Membuat Tampilan Layout Website Sederhana Dengan HTML dan CSS.

Jadi di tutorial ini akan di jelaskan tentang teknik pembuatan layout website paling sederhana. Untuk teman-teman yang beru menyelesaikan pelajaran tentang HTML Dasar dan CSS Dasar, teman-teman bisa melanjutkan pebelajaran teman-teman di artikel ini untuk mulai membuat tampilan website sederhana.

Tampilan website yang akan kita buat di sini adalah tampilan website yang paling sederhana saja. karena artikel ini di tujukan untuk teman-teman yang baru belajar. oleh sebab itu teknik membuat tampilan website nya akan di bahas yang sangat dasar dulu. dari penyusunan element-element HTML untuk membuat kerangka website.

Nanti yang lebih jauhnya akan kita bahas pada tutorial selanjutnya di www.malasngoding.com. pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang cara membuat tampilan website dengan designnya. Juga akan saya bahas tentang cara membuat tampilan website/template website yang responsive dengan menggunakan CSS(tidak menggunakan bootstrap).

Jadi di sini akan saya jelaskan tentang layout yang paling standart dan paling umum. bisa teman-teman perhatikan susuan kerangka website sederhana seperti di gambar berikut.

Coba teman-teman perhatikan pada contoh layout web pada gambar di atas. gambar di atas adalah susunan biasa dan sangat umum untuk tampilan sebuah website. Di mana terdapat sebuah header pada bagian atas, sidebar di bagian kiri atau kanan. Konten yang bersebelahan dengan sidebar, dan footer terdapat pada bagian paling bawah.

Pada bagian header sebuah website biasanya di letakkan judul website, dan deskripsi sebuah website tersebut. Pada sidebar biasanya di letakkan link-link yang mengarah pada artikel-artikel. Baik itu artikel terbaru dan artikel paling populer.

pada bagian konten berisi konten-konten website seperti artikel dan lainnya. Pada bagian paling bawah yaitu footer biasanya berisi nama website dan copyrigt website tersebut.

Nah sekarang kita akan mulai membuat sebuah layout website yang paling sederhana sama seperti format pada gambar di atas. Untuk bisa mudah memahami tentang cara membuat template website teman-teman harus memahami dulu dasar-dasar HTML dan CSS.

Baca postingan sebelumnya tentang tutorial HTML Dasar. dan CSS dasar yang telah di bahas di www.malasngoding.com. buat sebuah file. di sini saya membuat sebuah file dengan nama index.html

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title></title>
<link rel=”stylesheet” type=”text/css” href=”style.css”>
</head>
<body>
<div class=”wrap”>
<div class=”header”>
<h1>Malas Ngoding</h1>
<p>Tutorial belajar membuat layout website sederhana</p>
</div>
<div class=”menu”>
<ul>
<li><a href=”#”>Home</a></li>
<li><a href=”#”>HTML</a></li>
<li><a href=”#”>CSS</a></li>
<li><a href=”#”>PHP</a></li>
<li><a href=”#”>Javascript</a></li>
</ul>
</div>
<div class=”badan”>
<div class=”sidebar”>
sidebar
<ul>
<li><a href=”#”>Tutorial HTML dasar</a></li>
<li><a href=”#”>Tutorial CSS dasar</a></li>
<li><a href=”#”>Tutorial PHP dasar</a></li>
<li><a href=”#”>Tutorial JQuery dasar</a></li>
</ul>
</div>
<div class=”content”>
content
</div>
</div>
<div class=”clear”></div>
<div class=”footer”>
footer
</div>
</div>
</body>
</html>

Dan buat sebuah file cssnya . buat dengan nama style.css
.wrap{
background: blue;
width: 900px;
margin: 10px auto;
}

/*bagian header*/
.wrap .header{
background: green;
/*height: 50px;*/
padding: 2px 10px;
}

Advertisements

/*akhir header*/

/*bagian menu*/
.wrap .menu{
background: yellow;
}

.wrap .menu ul{
padding: 0;
margin: 0;
background: yellow;
overflow: hidden;
}

.wrap .menu ul li{
float: left;
list-style-type: none;
padding: 10px;
}
/*akhir menu*/

.clear{
clear: both;
}

.badan{
height: 450px;
}
/*bagian sidebar*/
.wrap .badan .sidebar{
background: orange;
float: left;
width: 25%;
height: 100%;
}

/*akhir sidebar*/

.wrap .badan .content{
background: red;
float: left;
height: 100%;
width: 75%;
}

.wrap .footer{
width: 100%;
padding: 10px;
}

Jalankan file index.html pada browser

Nah tampilan layout sederhana pun selesai. sengaja warna pada masing-masing bagian saya bedakan dengan warna yang masih asal-asalan. agar teman-teman lebih mudah untuk memahaminya.

Baiklah sekian dulu tutorial tentang membuat tampilann layout website sederhana dengan html dan css. pada tutorial web design selanjutnya akan saya bahas tentang membuat sebuah template website sendiri dengan design yang menarik dan responsive tentunya.

Penulis: Diki Alfarabi Hadi
————————————————————–
Sumber http: https://www.malasngoding.com/membuat-tampilan-layout-website-sederhana-dengan-html-dan-css/

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0

No products in the cart.