Cara Membuat Email Domain Sendiri dengan Zoho Mail

Sebelum kita membahas bagaimana membuat Email Domain Sendiri dengan Zoho Mail, terlebih dahulu kita harus engenal Apa itu Zoho Mail

Zoho Mail bisa Anda gunakan untuk membuat email domain sendiri secara gratis. Namun sudah tahukah Anda apa itu Zoho? Berikut penjelasan dan langkah mudah pengaplikasiannya Salah satu aplikasi online yang menyediakan berbagai fasilitas untuk kebutuhan bisnis sehari-hari.

Aplikasinya beragam mulai dari aplikasi untuk kebutuhan sales & marketing, Finance hingga email. Zoho juga menyediakan tools untuk menunjang produktivitas kerja seperti document creator, spreadsheet, tools presentasi bahkan hingga mencakup sosial media management.

Sebagai salah satu produk Zoho, layanan Zoho Mail ini digunakan untuk menerima email melalui domain kustom dengan layanan email pihak ketiga. Layanan email domain sendiri biasanya dikenakan biaya. Akan tetapi, Zoho menawarkan layanan email gratis hingga 10 user untuk tiap domain yang Anda daftarkan.

Tutorial kami kali ini akan membahas cara membuat email dengan domain sendiri melalui Zoho Mail. Yang Anda perlukan hanya membeli sebuah domain. Anda pun tidak perlu membuat email melalui cPanel.

Apa yang Anda Perlukan Sebelum Menggunakan Zoho Mail?

Sebelum memulai langkah membuat email domain sendiri pada tutorial ini, Anda membutuhkan : Sebuah nama domain aktif. (Jika belum memilikinya, Anda bisa order disini). Tentunya untuk dapat melakukan instalasi Zoho mail susah-susah gampang, namun Anda jangan khawatir karena kami akan pandu secara lengkap.

Cara Membuat Email Domain Sendiri Tanpa Hosting

Berikut langkah mudah harus Anda cermati untuk mendapatkan email domain sesuai nama domain yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Setting Name server Domain

Dalam tutorial ini kami menggunakan domain murah yang ada di layanan Niagahoster. Untuk melakukan custom domain ke layanan email lain, Anda perlu menggunakan name server default. Tutorial ini kami buat tanpa menggunakan web hosting.

Setelah Anda melakukan order dan domain Anda aktif, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Silakan login ke Client Area IDCloudHost.

2. Kemudian, pilih menu Domain > Kelola Name Server pada domain Anda.

3. Klik menu Mengelola Name Server dan masukkan dua nameserver di bawah ini. Jika sudah, silahkan klik tombol Ubah Nameservers.
bromo.cloudhost.id
rinjani.cloudhost.id

Catatan : Jika Anda menggunakan domain dari layanan selain IDCloudHost, silahkan tanyakan informasi terkait hal ini ke bagian dukungan.

Buat Akun Zoho Mail
Langkah selanjutnya adalah Anda akan membuat akun Zoho Mail, berikut langkah-langkahnya :

1. Silakan akses tautan berikut ini kemudian lakukan pendaftaran dengan memasukkan alamat email aktif yang Anda miliki serta masukkan password baru untuk akun Zoho Mail Anda. Di samping itu Anda juga dapat menggunakan akun Google/LinkedIn.

2. Silakan cek email verifikasi dari Zoho Mail dengan cara klik tautan yang dikirimkan ke email Anda.

3. Setelah verifikasi, silakan kembali ke halaman Zoho sebelumnya dan pilih Mail.

4. Tambahkan nomor telepon aktif Anda berikut password akun Zoho Mail yang sebelumnya Anda buat ketika melakukan pendaftaran. Kemudian, silakan klik tombol Send code.

5. Cek sms kode verifikasi dari Zoho Mail, kemudian masukkan pada kolom Enter verification code dan tekan tombol Verify Code, dan tekan tombol Continue.

6. Karena pada tutorial ini akan menggunakan akun Zoho versi gratis, silakan klik tombol CHOOSE pada kolom LITE.

7. Masukkan domain aktif Anda pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol Continue.

8. Silakan pilih layanan penyedia domain Anda pada bagian Manage DNS. Jika domain Anda berada di IDCloudHost, silakan pilih Other. Selanjutnya silakan catat CNAME Zoho yang nantinya akan dikonfigurasikan pada domain Anda.

Setting CNAME Zoho Mail pada domain
Hal yang selanjutnya bisa dilakukan adalah melakukan Setting CNAME Zoho Mail pada domain.

Advertisements

1. Untuk melakukan konfigurasi CNAME Zoho pada domain Anda, silakan login di Client Area IDCloudHost, kemudian pilih menu Domain > Manage DNS pada domain Anda.

2. Pilih tab DNS Management dan klik tombol Add New Record.

3. Pada bagian Add Record silakan pilih CName, kemudian masukkan CNAME Zoho yang sebelumnya dicatat pada Langkah 2 nomor 10 ke kolom Domain. Masukkan juga bagian Destination ke ke kolom Hostname, kemudian klik tombol Add Record. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.

Verifikasi CNAME
Selanjutnya Anda akan melakukan Verifikasi pada CNAME :

1. Silakan kembali ke halaman Zoho Mail yang ada pada langkah 2 nomor 10, kemudian klik tombol Proceed to CNAME Verification.

2. Klik tombol Verify Now

Buat Nama Akun Email
Selanjutnya Anda sudah dapat untuk membuat nama akun Email Anda :

1. Silakan masukkan alamat email yang Anda inginkan pada kolom yang tersedia, misalnya [email protected]

2. Jika Anda ingin menambahkan user lain, silakan klik tombol Proceed to Add Users untuk membuat akun email bisnis dengan nama yang diinginkan beserta passwordnya, misalnya [email protected]

Jika hanya ingin membuat satu alamat email berupa [email protected] saja, silakan tekan tombol Skip untuk dilanjutkan ke proses berikutnya.

3. Anda juga dapat membuat alamat email untuk grup di perusahaan Anda, misalnya [email protected], jika tidak ingin membuat grup silakan tekan tombol Skip.

Konfigurasi MX Record
Jika Anda sudah membuat akun, selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah Konfigurasi MX Record :

1. Silakan catat dua MX Record Zoho Mail dan pilih layanan domain. Semisal Anda tidak dapat menemukannya, silakan klik Others.

2. Kembali ke Client Area IDCloudHost, kemudian pilih pengaturan DNS domain Anda dengan memilih tab DNS Management dan klik tombol Add New Record.

3. Pada bagian Record Type silakan pilih MX Record. Masukkan 3 MX Record dari Zoho berupa Host Name pada kolom Domain, Address pada kolom Name, dan Priority pada kolom Rdata. Setelah itu klik tombol Add Record. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.

4. Lakukan hal yang sama sesuai langkah di atas untuk memasukkan MX Record kedua. Anda akan melihat gambar seperti di bawah ini.

5. Kembali ke halaman Zoho Mail pada Langkah 6 nomor 1. Klik tombol MX Lookup. Apabila muncul pop up MX Confirmation seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, artinya MX record sudah terhubung dengan baik.

6. Silakan klik tombol Skip sampai muncul tombol Go to Zoho Workplace. Selanjutnya silakan klik tombol tersebut.

7. Klik menu bernama Mail.

8. Selanjutnya Anda akan melihat halaman email Zoho Anda seperti pada gambar di bawah ini.

Pada langkah ini tutorial cara membuat email dengan domain sendiri via Zoho Mail sudah selesai.

Penutup / Kesimpulan

Untuk membuka email, Anda dapat login melalui tautan https://www.zoho.com/mail/login.html. Silakan masuk menggunakan username berupa alamat email serta password yang sama dengan ketika Anda melakukan pendaftaran akun Zoho. Alternatifnya, Anda juga dapat masuk menggunakan alamat email yang Anda buat sesuai nama domain Anda.

Panduan di atas menggunaka Zoho Mail versi gratis dan tentunya dengan kapasitas terbatas. Apabila Anda memerlukan layanan email dengan resource ekstra untuk kebutuhan perusahaan, Anda dapat menggunakan email hosting IDCloudHost untuk mendapatkan performa yang lebih optimal.

Setelah menyelesaikan tutorial cara membuat email domain sendiri menggunakan Zoho Mail, Anda telah dapat memiliki alamat email domain yang Anda miliki. Hanya dengan membeli nama domain saja, Anda sudah bisa memiliki alamat email terpercaya.
————————————
Sumber http: https://idcloudhost.com/panduan/membuat-email-domain-sendiri-dengan-zoho-mail/

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0

No products in the cart.