Cara Membuat Program Afiliasi Dengan WordPress

  • 25 November 2020

Cara Membuat Program Afiliasi dengan WordPress – Selama bertahun-tahun WordPress telah menjadi platform terbaik di dunia yang digunakan untuk membuat blog afiliasi, blog maupun situs web.

Afiliasi pemasaran adalah salah satu cara yang di gunakan banyak blogger profesional untuk menghasilkan uang secara online. Tapi ada dua sisi dalam pemasaran afiliasi, yaitu membuat program afiliasi sendiri, atau digunakan sebagai afiliasi untuk menjual produk orang lain untuk menghasilkan keuntungan.

Menjalankan program Afiliasi memang merupakan cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan. Anda bisa membangun situs dengan WordPress untuk membantu menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi atau anda menjual produk anda sendiri. Tapi dalam artikel ini saya akan menunjukkan dasar-dasar apa yang diperlukan untuk membuat sebuah program afiliasi.

Apakah yang dimaksud dengan Program Afiliasi?

Untuk memahami apa itu program Afiliasi, maka anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pemasaran Afiliasi. Afiliasi pemasaran adalah ketika pencipta produk memungkinkan mitra (yaitu Afiliasi) untuk menjual produk atau jasa mereka dan komisi sebagai imbalan dari mempromosikan produk dan menghasilkan penjualan.

Mengapa Memulai Program Afiliasi?

Sebuah program Afiliasi dijalankan dengan baik tidak hanya akan mengarahkan lalu lintas saja tapi meningkatkan penjualan, meningkatkan SEO situs, menghasilkan pengunjung yang berkualitas, memperluas produk dan merek anda.

Bahkan bisa membantu menjual produk-produk lain yang bukan merupakan bagian dari program afiliasi yang di ikuti. Selain itu, juga bisa menghemat biaya promosi untuk layanan iklan.

Cara Membuat Sebuah Program Afiliasi dengan WordPress

Meluncurkan sebuah Afiliasi adalah tergantung pada dua hal, yaitu produk dan platform / plugin yang Anda pilih. Namun demikian, ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan.

Langkah 1 : Buat Produk BESAR

Hal pertama yang Anda butuhkan bahkan sebelum mempertimbangkan langkah selanjutnya adalah menciptakan produk yang hebat dan dibutuhkan oleh orang banyak, dimana akan membuat banyak orang mau menjadi affilasi anda.

Sebuah produk yang berkualitas sangat penting. Banyak Afiliasi memiliki merek mereka sendiri bahwa mereka telah membangun dari waktu ke waktu dengan kerja keras. Mereka tidak akan mengambil risiko mempromosikan produk yang berkualitas buruk untuk di jual, karena hal itu akan menghilangkan kepercayaan konsumen.

Selain itu, jika produk itu buruk maka akan mengakibatkan pelanggan mulai meminta pengembalian uang dan Anda juga akan berakhir kehilangan uang atau Afiliasinya. Atau keduanya. Belum lagi kehilangan pelanggan juga.

Jadi, hal pertama yang harus benar-benar di perhatikan adalah mengembangkan produk Anda sampai Anda memiliki keyakinan sepenuhnya pada produk tersebut.

Langkah 2 : Pilih Platform Afiliasi dan Plugin

Advertisements
Loading...

Setelah Anda tahu bahwa Anda memiliki sesuatu yang Anda percaya dan tidak hanya bisa menjual kepada orang lain tetapi menjual ide menjual produk Anda kepada orang lain-saatnya untuk memilih platform Afiliasi atau Plugin.

Pilih platform yang tepat untuk anda gunakan dalam menjalankan program Afiliasi, karena dengan platform yang tepat otomatis akan memudahkan anda dalam menjalankan situs anda dan anda akan sukses dalam penjualan.

Langkah 3 : Buat Landing Page Afiliasi

Buat halaman jaringan pemasar Afiliasi yang dapat mencari dan mengundang untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu anda masih harus menemukan cara untuk mempromosikan program anda secara mandiri.

Untuk melakukan proses ini anda bisa membuat konten atau promosi produk. Anda dapat mengirimkan email, melakukan posting tamu, melalui forum dan cara lain. Buat para calon Afiliasi menuju halaman anda yang menarik dan efektif.

Berikut adalah contoh Landing Page dari beberapa program afiliasi paling sukses yang bisa anda tiru untuk diterapkan di situs affilasi milik anda :

Langkah 4 : Track, Mengelola, & Optimalkan

Pada langkah ini anda harus mempunyai alat yang dapat membantu Anda melacak, mengelola, dan mengoptimalkan program Afiliasi Anda. Biaya (termasuk waktu yang dihabiskan) harus mencakup seberapa efektif alat tersebut akan membantu Anda tumbuh dan mempertahankan program Afiliasi Anda.

Plugin Afiliasi untuk WordPress

Dengan menggunakan Plugin anda dapat mengubah WordPress anda menjadi platform pemasaran Afiliasi Anda sendiri. Berikut beberapa plugin yang bisa anda gunakan untuk membuat situs WordPress anda menjadi situs Afiliasi.

AffiliateWP

AffiliateWP adalah plugin pilihan terbaik saat ini. Ini adalah Plugins yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik dan merupakan plugin berkualitas tinggi. Dengan plugin ini anda dapat melakukan manajemen afiliasi melalui backend WordPress dengan banyak fitur.

WordPress Afiliate Manager

WordPress Afiliate Manager adalah adalah plugin Afiliasi yang juga dapat terintegrasi dengan WooCommerce, WP eCommerce, dan simple shopping cart bahkan hampir semua plugin eCommerce atau toko online WordPress kompatibel dengan plugin Afiliasi ini.

Demikian artikel ini kami sajikan semoga bermanfaat.
——————————————————————-
Sumber http: https://www.centerklik.com/cara-membuat-program-affiliasi-dengan-wordpress/

 

Advertisements
Loading...

Leave a Comment: