Cara Membuat Sticky Menu di Blog WordPress 

Cara Membuat Sticky Menu Di Blog – Saya tidak akan membahas apa yang dimaksud dengan sticky. Karena pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas habis tentang penjelasan sticky.

Disini saya akan langsung membahas bagaimana cara membuat menu navigasi blog seolah-olah melayang atau tetap pada posisinya. Menu blog tetap fixed walaupun mouse di scroll kebawah.

Dengan membuat sticky pada menu blog maka akan memudahkan pembaca ketika ingin menuju ke menu-menu lainnya. Umumnya menu blog ketika mouse di scroll kebawah maka menu akan menghilang. Jadi jika pembaca ingin menuju ke menu blog lainnya, pembaca harus scroll mouse keatas baru ditemukan menu navigasi blog.

Kita sering melihat sticky menu di website-website besar atau forum-forum. Misal forum kaskus, kompas, detik, dan sebagainya. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuat sticky pada menu blog maka simaklah artikel ini sampai selesai.

Tutorial ini khusus bagi blog CMS WordPress TLD saja. Karena dalam membuat sticky menu ini kita akan memanfaatkan plugin. Insya dilain kesempatan saya akan bahas juga bagaimana cara membuat sticky menu tanpa plugin.

Plugin yang akan saya gunakan untuk membuat menu blog melayang adalah plugin My StickyMenu. Plugin ini bisa kita nikmati secara gratis. Berikut Cara Membuat Sticky Menu Di Blog WordPress Menggunakan Plugin

Advertisements

Silakan Anda kunjungi dulu web My StickyMenu untuk mengdownloadnya. Seperti biasa nanti Anda upload ke blog WordPress Anda. Untuk upload bisa melalui cPanel Hosting atau melalui dashboard.

Aktifkan plugin My StickyMenu kemudian Anda klik plih menu Settings > myStickymenu. Hal ini untuk melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lakukan konfigurasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Plugin My StickyMenu ini tidak banyak yang harus disetting. Anda bisa mencoba pengaturan sesuai dengan yang anda inginkan sesuai selera anda.

Jangan lupa klik Save/Simpan jika sudah selesai melakukan pengaturan. Kini menu blog WordPress Anda sudah sticky. Buktikan sendiri dengan scroll mouse kebawah sampai habis.

Dengan plugin memang sangat membantu dan kita tidak perlu harus mengerti dan paham dengan kode. Namun terlalu banyak menggunakan plugin itu akan memberatkan server. Sehingga nantinya loading blog Anda akan lambat. Jadi sebaiknya gunakan plugin sehemat mungkin.

Mungkin hanya itu saja tulisan singkat tentang Cara Membuat Sticky Menu Di Blog WordPress menggunakan plugin My StickyMenu. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan salam sukses.
—————————————-
Sumber http ; https://info-menarik.net/cara-membuat-sticky-menu-di-blog/

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0

No products in the cart.