cara membuat website dengan bootstrap

Dalam membuat sebuah website, Bootstrap merupakan sebuah framework yang paling populer di dunia framework. Bagaimana tidak, dengan adanya bootrstap ini membuat tampilan website lebih responsive.

Perkembangan Bootstrap kini juga telah ada Bootstrap 4. Kini anda tiak perlu khawatir dengan tampilan website anda. Selain itu, hal ini membuktikan bahwa Bootstrap dipercaya dan diterima oleh banyak pengembang. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda harus belajar Bootstrap.

Berbagai macam webiste yang cenderung kaku, memang kurang disukai oleh pelanggan apabila anda membuat bisnis online. Mau tau bagaimana tutorial menggunakan Bootstrap ini. Yuk, simak artikel berikut ini.

Apa itu Bootstrap?

Bootstrap adalah front-end framework atau framework css yang sengaja dibangun untuk memudahkan pendesain web dalam membuat website atau membuat template website.

Framework yang dulu pernah dikenal dengan twitter bootstrap ini dilengkapi dengan komponen-komponen website yang sering digunakan seperti breadcrumb, pagination, modal dialog, navigation bar dan lain-lain yang sangat memudahkan pendesain web saat membuat webiste.

Bahkan bootstrap ini selalu diunggul-unggulkan dengan fitur website responsive-nya yang memungkinkan kita cukup membuat satu template website saja dan kita bisa memperoleh template yang bisa dibuka atau kompatibel diberbagai device (laptop, handphone, atau tablet).

Sejarah Bootstrap

Bootstrap, awalnya bernama Twitter Blueprint, dikembangkan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di perangkat internal yang sesuai.

Sebelum Bootstrap, berbagai pustaka sudah banyak digunakan untuk pengembangan antarmuka, yang menyebabkan tidak konsisten dan beban pemeliharaan yang berat.

Setelah beberapa bulan pengembangan oleh sebuah kelompok kecil, banyak pengembang di Twitter mulai memberikan kontribusi untuk proyek ini sebagai bagian dari Hack Week, sebuah pekan ala hackathon untuk tim pengembangan Twitter.

Nama itu diganti dari Twitter Blueprint menjadi Bootstrap, dan dirilis sebagai proyek sumber terbuka pada 19 Agustus 2011. Hal ini terus dipertahankan oleh Mark Otto, Jacob Thornton, dan sekelompok kecil pengembang inti, serta sejumlah besar komunitas dari para kontributor.

Bootstrap 2 dan 3

Pada 31 Januari 2012, Bootstrap 2 dirilis, yang menambahkan sistem layout dua belas kolom grid yang responsif, dukungan built-in untuk Glyphicons, beberapa komponen baru, serta perubahan dari beberapa komponen yang sudah ada. Pada 19 Agustus 2013, Bootstrap 3 dirilis, yang didesain ulang komponennya untuk menggunakan desain flat, dan pendekatan mobile-first.

Bootstrap 4

Pada 29 Oktober 2014, Mark Otto mengumumkan bahwa Bootstrap 4 sedang dalam pengembangan.Versi alfa pertama dari Bootstrap 4 dirilis pada 19 Agustus 2015.

Advertisements

Pada 6 September 2016, Mark menghentikan pengerjaan Bootstrap 3 dalam rangka untuk meluangkan waktu untuk pengerjaan Bootstrap 4. Sejauh ini, sudah lebih dari 17.500 kommit yang telah dibuat untuk basis kode Bootstrap 4. Versi beta pertama dirilis pada 10 Agustus 2017.

Manfaat Bootstrap

Seperti yang telah dijelaskan oleh penjelasan di atas template website yang dibangun dengan bootstrap sudah responsif sehingga kita cukup membuat satu buah template lengkap saja dan sudah support atau kompatibel diberbagai browser sekaligus berbagai device baik untuk desktop, laptop, tablet maupun smartphone sekalipun.

Template yang kita buat dengan bootstrap ini akan langsung menyesuaikan diri dengan lebar layar dari masing-masing device. Fitur responsif ini juga telah menjadi rekomendasi google guna memperkuat SEO mobile dari website yang kita buat.

Di tutorial bootstrap ini kiata akan mencoba membuat template website dengan layout dua kolom dengan menggunakan fitur teks dari bootstrap dan tentunya akan kita bahas langkah demi langkah selanjutnya.

Cara Menginstall Bootstrap Online

Jika anda telah melakukan ekstrak file, Kemudian selanjutnya Anda bisa memanggil Bootstrap secara online (menggunakan CDN). Hanya saja, ketika Anda memanggil secara online tentunya akan mengurangi tingkat kecepatan website. Perintah ini akan mengambil file Bootstrap dan menyalinnya ke dalam website supaya dapat digunakan oleh class atau fungsi lain.

Silahkan download source code bootstrap di situs resminya getbootstrap.com yang disediakan oleh bootstrap secara gratis untuk diunduh oleh siapa saja. Kemudian, download jquery di jquery.com atau library google. Karena bootstrap tidak menyediakan jquery dalam paketan source code-nya.

Jquery ini digunakan untuk menjalankan komponen-komponen bawaan bootstrap seperti modal dialog, navigation agar berjalan dengan normal.

Lalu, pastikan kalian sudah punya code editor seperti notepad++, dreamweaver atau Sublime Text yang nanti akan kita gunakan untuk membuat template website dengan bootstrap. Agar lebih terasa bawa kita membuat website, kita akan menggunakan xampp dan file dengan extention php dalam membuat template website ini.

Biasanya file Bootstrap akan dipanggil melalui link bootstrap tersebut agar lebih mudah dalam pengolahan datanya. Setelah anda melakukan ekstrak atau copy codingan tersebut, maka akan muncul tampilan seperti diatas. Teks dan kolom pada tampilan tersebut dapat anda ganti sesuai keinginan anda.

Kesimpulan dan Penutup

Bootstrap memang menjadi penolog bagi para developer. Bagaimana tidak, proses pengolahannya yang praktis dan cepat serta dapat membuat website lebih responsive. Sehingga tampilan website cenderung tidak kaku.

Jika anda masih bingung bootsrtap itu apa, maka definisi dari bootstrap adalah sebuah front-end framework atau framework css yang sengaja dibangun untuk memudahkan pendesain web dalam membuat website atau membuat template website.

Lalu, biasanya bootsrtap ini bisa menjadi sebuah template website yang dibangun dengan bootstrap sudah responsive. Sehingga kita cukup membuat satu buah template lengkap saja dan sudah support atau kompatibel diberbagai browser sekaligus berbagai device baik untuk desktop, laptop, tablet maupun smartphone sekalipun.

Selamat Mencoba!
————————————
Sumber http: https://idcloudhost.com/tutorial-cara-menggunakan-template-bootstrap-untuk-membuat-website/

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0

No products in the cart.