cara membuat website jualan online gratis

  • 7 November 2020

Di era digital, semua bisa dilakukan dengan sangat mudah karena perkembangan internet juga sudah sangat pesat hingga menjangkau berbagai wilayah dunia. Menanggapi hal tersebut, banyak sekali pelaku bisnis yang mengintegrasikan bisnisnya dengan media online demi mendapatkan keuntungan yang menggiurkan.

Tindakan ini dilakukan dengan membuat website dan toko online yang akan menjadi lapak untuk mempromosikan berbagai produk.

Tentu saja pemanfaatan teknologi digital semacam ini sangatlah menguntungkan. Terlebih lagi tindakan membuat website dan toko online terbilang cukup mudah selama pelaku bisnis tersebut memahami cara desain toko online dan website yang menarik.

Tanpa mempertimbangkan desain tersebut, nantinya akan membuat toko online memiliki traffic yang rendah hingga peluang terjadinya transaksi juga terbilang rendah. Oleh sebab itu, pastikan Anda benar-benar mempertimbangkan segalanya sebelum memutuskan untuk membuat website dan toko online.

Jika perlu, Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan layanan jasa pembuatan website. Akan tetapi, jika hal ini terbilang cukup memberatkan dari segi financial, Anda bisa mencoba membuat website dan toko online sendiri dengan sangat mudah.

Seluk Beluk Cara Membuat Website dan Toko Online Gratis

Ketika Anda tidak memanfaatkan layanan developer dalam membuat website, Anda kini bisa mencoba memanfaatkan layanan CMS (Content Management System). Melalui pemanfaatan CMS ini, nantinya seseorang akan bisa membuat website dan toko online tanpa dipungut biaya.

Disebutkan bahwa CMS itu sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang nantinya akan membantu dalam mengubah dan memanipulasi isi dari sebuah website.

Pemanfaatan dari Content Management System ini cenderung sangat mudah karena tidak perlu melibatkan berbagai kode pemrograman yang terbilang sulit bagi sebagian orang awam. Sebagai gantinya, dalam membuat website dan toko online ini, Anda harus mempertimbangkan konten yang bakalan diisikan pada website tersebut.

Dengan kata lain, Anda harus memikirikan jenis produk apa yang bakalan dipromosikan hingga bagaimana cara pembayarannya juga. Kejelasan dalam membuat website dan toko online nantinya akan membantu dalam menentukan desain dari website tersebut.

Bayangkan jika Anda mengabaikan hal ini dan cenderung untuk membuat sesuka hati, bisa jadi akan menyebabkan lapak online sebagai media promosi ini akan terkesan berantakan dan tidak sesuai dengan tujuan pembuatan website. Untuk itu, pertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan untuk membuat website dan toko online.

Selanjutnya, Pertimbangkan CMS Yang Sesuai

Ketika Anda telah menentukan tujuan pembuatan dari sebuah website, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencoba untuk mempertimbangkan CMS yang tepat. Dalam membuat website dan toko online, Anda akan diberikan penawaran ratusan CMS yang pastinya akan membuat Anda menjadi bingung.

Hal semacam ini adalah wajar dan yang perlu Anda lakukan adalah dengan menuju ke cPanel Hosting dan pilihlah Softacullous Apps Installer. Melalui cara ini, Anda akan mendapati banyak CMS yang digunakan untuk berbagai tujuan, baik itu membuat website dan toko online, blog hingga ecommerce.

Dari sekian banyak CMS yang ada, terdapat salah satu jenis yang begitu populer dan banyak digunakan oleh semua orang. Dikenal dengan sebutan WordPress, Anda bisa membuat website dengan CMS yang satu ini. Sedangkan untuk toko online, Anda bisa memanfaatkan pretashop.

Mengapa Harus Memanfaatkan WordPress?

Selanjutnya, terkait dengan tindakan membuat website dan toko online melalui wordpress, banyak sekali alasan yang ada di baliknya. Disebutkan bahwa pemanfaatan website ini lebih dalam bentuk website yang memang sudah jadi, sehingga Anda tidak perlu lagi sibuk belajar bahasa pemrograman dan memulai mendesain dari nol.

Tentu saja yang demikian ini memberikan keuntungan tersendiri bagi siapapun yang ingin mendapatkan website dengan cara instan. Di lain sisi, pemilihan wordpress dalam membuat website dan toko online ini juga memudahkan dalam melakukan kustomisasi tema yang disesuaikan dengan keinginan.

Disebutkan bahwa ada berbagai tema yang bisa dipilih mulai dari yang gratis hingga berbayar. Sedangkan dari sisi security, nampaknya pihak wordpress telah mendesainnya sedemikian rupa sehingga bisa dibilang sangatlah aman.

Mengenai keuntungan lain yang didapatkan dengan memanfaatkan wordpress dalam membuat website dan toko online ini adalah sangat responsive untuk digunakan pada ponsel, SEO friendly, adanya halaman admin dan pastinya sangat cocok bagi para pemula.

Untuk jenis website yang bisa dibuat selain toko online, bahwa dengan wordpress Anda bisa membuat website perlombaan, website sekolah, company profile hingga berbagai website yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Strategi jitu membuat website hanya 30 menit

Untuk Anda yang tertarik ingin membuat website dan toko online dengan memanfaatkan wordpress, ada beberapa tahapan yang memang harus dilalui. Secara ringkat, Anda nantinya akan melakukan instalasi secara manual dan selanjutnya akan memanfaatkan Softaculous Apps Installer. Lebih detailnya, berikut cara membuat website dan toko online yang bisa dilakukan.

1. Lakukan Instalasi Secara Manual

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam membuat website dan toko online adalah dengan mencoba untuk melakukan instalasi secara manual. Cara ini terbilang sangat mudah, terlebih lagi bagi mereka yang sering bergelut dalam dunia pemrogaman. Untuk memulainya, Anda bisa mendownload file wordpress berbentuk zip yang kemudian bisa melakukan kustomisasi pada localhost serta hosting.

Dalam tahapan membuat website dan toko online ini, Anda akan diberikan kebebasan dalam menentukan plugin, tema dan juga konten yang akan diisikan. Ketika Anda telah menyelesaikan hal ini, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengupload menuju hosting dengan melalui File Manager atau bisa FileZilla.

2. Menggunakan Softaculous Apps Installer

Apakah Anda telah memiliki domain atau mungkin hosting? Jika memang demikian, dalam membuat website dan toko online, maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan mendesain website gratis melalui pemanfaatan Softaculous Apps Installer. Penggunaan Softaculous Apps Installer ini nantinya akan mempermudah dalam melakukan instalasi CMS.

Kesimpulan dan Penutup

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa untuk membuat website dan toko online, Anda harus mencoba untuk membuat tampilannya menjadi lebih cantik. Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah tema dan plugin yang ada. Untuk pemilihan ini bisa dilakukan baik dengan memanfaatkan layanan berbayar ataupun juga gratis. Pastinya yang demikian ini akan sangat menguntungkan Anda dalam membuat website dan toko online.

Sedangkan untuk meningkatkan keamanan dalam membuat website dan toko online, Anda bisa mencoba menerapkan plugin seperti halnya wordfence ataupun juga all in one WP Security & Firewall. Selain itu, domaiNesia itu sendiri juga secara otomatis telah dilengkapi oleh berbagai security yang pastinya sangat menjamin keamanan dalam mengelola website ataupun juga toko online.

Untuk pembuatan toko online, selain menggunakan wordpress, Anda juga bisa memanfaatkan prestashop. Pemanfaatan layanan ini nantinya bisa dilakukan dengan sangat mudah seperti halnya pada wordpress dan bisa dibuat dengan berbagai cara.

Kaitannya dengan membuat website dan toko online, Anda yang menggunakan prestashop akan mendapatkan berbagai fitur menarik seperti halnya keranjang belanja, catalog hingga metode pembayaran. Dengan membuat website dan toko online, maka bisnis yang Anda jalankan akan berkembang dengan pesat.
——————————————————-
Sumber http: https://idcloudhost.com/cara-membuat-website-dan-toko-online-gratis/

Leave a Comment: