Cara Memeriksa Link Blogspot Yang Rusak

  • 23 Desember 2020

Cara Memeriksa Link Blogspot Yang Rusak – Bagi anda pemilik blog tentu pernah mengalami link rusak pada blog anda entah itu blogspot maupun wordpress. Ini bisa saja membuat anda frustasi karena sebagian dari bloggers ataupun bloggers pemula belum bisa mengatasi permasalahan ini.

Perlu diketahui bahwa link rusak pada sebuah blog bisa mengakibatkan optimasi mesin pencari / SEO blog tersebut menjadi menurun / melemah. Seolah-olah hal ini hanyalah hal sepele, namun jika dibiarkna bukan optimasi blog anda saja yang terganggu, namun semua elemen bisa saja terganggu.

Google terus mengupdate algortima nya, jadi google dapat mengetahui blog mana yang berkualitas, level menengah, rendah, hingga spam. Bayangkan jika blog anda dipenuhi link rusak? bisa saja google menilai bahw blog milik anda adalah blog yang dipenuhi spam. Akibat terburuk bisa saja artikel anda de indeks dan blog kena penalty semacam sandbox.

Daftar Isi :
o 0.1 Lalu apa yang menyebabkan adanya kerusakan pada link?
• 1 Langsung Saja Berikut Cara Cek Link Yang Rusak
o 1.1 Cara Pertama Untuk Blogspot, WordPress Dot Com, Dan WordPress Dot Org
o 1.2 Cara Kedua
o 1.3 Untuk Blogspot
o 1.4 Untuk WordPress Dot Com Dan Dot Org

Penyebab Adanya Kerusakan Pada Link Blog

1. Kesalahan sewaktu memasukkan link pada artikel / partner blog ke halaman lain.
2. Link perujuk ke halaman website lain sudah mati / dihapus oleh admin.
3. Terlalu banyak spam pada komentar blog seperti mencantumkan url blog pada komentar.
4. Dan masih banyak lagi.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak di inginkan seperti diatas, disini saya akan membagikan cara cek link yang rusak pada blog sedini mungkin agar blog anda aman dari hal terburuk.

Cara yang akan saya terangkan ini berbeda beda gan, untuk blogspot ada sendiri, dan untuk blog wordpress dot com dan self hosted ada sendiri, namun pada blogspot sepertinya agak rumit. Tapi tenang saja, akan saya terangkan sejelas jelasnya.

Advertisements
Loading...

Langsung Saja, Berikut Cara Pertama Cek Link Yang Rusak Untuk Blogspot.

Kunjungi situs broken link checker. Anda bisa mengetiknya pada kolom pencarian google.
1. Pada hasil pencarian teratas nanti muncul situsnya, klik untuk masuk.
2. Pada homepage nanti ada sebuah kolom untuk memasukkan alamat blog, masukkan alamat blog tanpa awalan http / www. Contoh: dewailmu.id.
3. Selanjutnya klik “find broken link”. Nanti akan keluar security code / capta. Masukkan kode dan nanti ada 2 pilihan, pilih yang ” Report distinct broken links only“, kemudian klik find broken link now.
4. Proses pencarian link rusak hanya sekitar beberapa detik, nanti jika sudah maka akan muncul hasilnya seperti pada gambar dibawah.
5. Catat atau ambil gambar screenshoot tadi, jika belum tau caranya berikut cara screenshoot pc dan smartphone cepat dan mudah.
6. Setelah tercatat. Maka segera perbaiki link rusak tersebut pada webmaster google.

Cara Kedua Untuk Memeriksa Link Blogspot

Cara kedua ini lebih spesifik dan lebih cepat menurut saya.
1. Masuk ke webmaster google, bing, yahoo, yandex, dan webmaster lain yang sudah anda daftarkan.
2. Pada menu crawl / perayapan cari crawl error, nanti ada pilihan Dns, server, dan url. Jika ada kerusakan nanti akan muncul angka, nah klik pada tab yang rusak, pada bagian bawah centang link yang rusak dan pilih tindakan “perbaiki”.
3. Akan ada banyak yang rusak biasanya, perbaiki semua url dan kesalahan yang ada pada webmaster untuk membebaskan blog anda dari link rusak.

Untuk WordPress Dot Com Dan Dot Org
1. Untuk wordpress sangat mudah karena hanya membutuhkan bantuan plugin.
2. Instal plugin broken link checker By Janis Elsts, Vladimir Prelovac.
3. Setelah di instal maka klik aktifkan.
4. Jika sudah kembali pada dashboard wordpress kemudian sorot pada menu pengaturan dan klik link checker.
5. Jika sudah dibuka nanti pada tab general akan muncul status link yang error, jika ada link yang benar-benar rusak maka nanti akan muncul pemberitahuan, dan jika tidak ada link error maka tidak akan muncul.
6. Jika ada link error maka buka semua link rusak, ada pilihan not error, dismiss, discard, dan unlink. Pilih discard atau unlink, maka nanti link rusak itu akan hilang dengan sendirinya.
7. Terus pantau setiap hari untuk mencegah menumpuknya link mati.

Untuk pencegahan lebih lanjut, pantau perkembangan nya di webmaster atau pada wordpress bisa melalui plugin yang sudah saya sebutkan diatas. Jangan biarkan berlama-lama, karena nanti kalau sudah menumpuk maka biasanya anda akan malas untuk mengatasinya.

Sekian cara cek link yang rusak dan cara menghilangkannya pada blogspot dan wordpress, semoga bermanfaat untuk teman-teman bloggers sekalian. Terima kasih
—————————————————
Sumber http: https://dewailmu.id/cara-cek-link-yang-rusak/

Advertisements
Loading...

Leave a Comment: