Management PR: Pengertian, Ciri Ciri, Fungsi, Tahapan Management dan Peran Public Relations

MANAJEMEN = MANAGE ( George R. Terry )

Memimpin, Menangani, Mengatur, Membimbing

Sebuah proses yang khas dan  tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan sumber-sumber lainnya.

DEFINISI PUBLIC RELATIONS

1.PR adalah usaha perencanaan untuk mempengaruhi pendapat menjadi karakter yang baik dan tanggung jawab pelaksanaan berdasarkan kepuasan komunikasi dua arah antar sesama. (Scott M. Cutlips and Allen H. Center)

2. Pelatihan PR direncanakan dan dilakukan usaha yang berkelanjutan dan tetap mendirikan dan mempertahankan kemauan yang baik dan pengertian satu sama lain diantara organisasi dan publiknya. (Diane Ackerman)

3. Public Relations adalah fungsi manajemen yang menilai sikap-sikap publik, mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur dari individu atau organisasi atas dasar kepentingan public dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan publik.(dikutip dari buku “Handbook Of Public Relation” karya Elvinaro Ardianto, tahun 2011, halaman 8)

4. PR adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi publik, memperkenalkan berbagai kebijakan dan prosedur dari suatu individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan membuat perencanaan, serta melaksanakan suatu program kerja dalam upaya memperoleh pengertian dan pengakuan publik (Denny Griswold (Wilcox,dkk.2006)).

5. PR adalah proses kontinu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill (itikad baik) dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan public yang lebih luas; ke dalam mengadakan analisis, sedangkan ke luar memberikan pernyataan-pernyataan.(J.C. Seidel)

6. Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur individual dan organisasi yang punya kepentingan public, sertamerencanakan dan melaksanakan program aksi dalamrangka mendapatkan pemahaman dan penerimaanpublic. (Public Relations News)

7. Public Relations adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publiknya.(Rex.F.Harlow-1900-1976)

Dapat disimpulkan bahwa Public Relation adalah sebuah fungsi manajemen yang bersifat berkelanjutan (kontinu) yang didalam nya adalah usaha-usaha untuk menilai dan mengevaluasi sikap public.

Selanjutnya memperkenalkannya kedalam sebuah organisasi serta melaksanakan rencana kerja atas dasar kepentingan masyarakat banyak (public).  Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh itikad baik (goodwill), pengertian publik, dan pengakuan publik.

MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS :

Manajemen humas adalah proses penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi. Proses manajemen humas biasa dilakukan oleh seorang praktisi dalam kegiatan humas.

Menurut Frank Jeffkins, humas merupakan segala sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana, baik ke dalam maupun ke luar, untuk mencapai tujuan khusus, yaitu pengertian bersama.

CIRI-CIRI PUBLIC RELATIONS

1. PR melibatkan manajemen problem atau manajemen isu
2. PR membantu manajemen agar tetap responsif dan mendapat informasi terkini tentang opini public
3. PR mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan public
4. PR membantu manajemen tetap mengikuti perubahan dan memanfaatkan perubahan secara efektif.(dalam hal ini, PR sebagai system peringatan dini untuk mengantisipasi arah perubahan (trends))
5. PR menggunakan riset dan komunikasi yang sehat dan etis sebagai alat utamanya

FUNGSI PUBLIC RELATIONS

Dalam buku professional Public Relations (2011), pakar Public Relations internasional, Cutlip & Centre and Canfield (1982) merumuskan fungsi Public Relations sebagai berikut :

Advertisements

Menunjang aktivitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama (fungsi melekat pada manajemen lembaga/organisasi).

1. Membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya yang merupakan khalayak sasaran.
2. Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap organisasi yang diwakilinya atau sebaliknya.
3. Melayani keinginan publiknya dan memberikan sumbang saran kepada pimpinan manajemen demi tercapainya tujuan dan manfaat bersama.
4. Menciptakan komunikasi dua arah dan timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari organisasi ke publiknya atau sebaliknya, demi tercapainya citra positif bagi kedua belah pihak.

Fungsi humas bersifat melekat pada manajemen organisasi/perusahaan. Yaitu bagaimana humas dapat menyelenggarakan komunikasi dua arah atau timbal balik antara organisasi/lembaga yang diwakilinya dengan publik, yang artinya peranan ini turut menentukan sukses atau tidaknya misi, visi dan tujuan bersama dari organisasi/lembaga tersebut.

TAHAPAN MANAJEMEN

  1. Perencanaan (Planning )
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Penyusunan Formasi (Staffing)
  4. Memimpin (Leading)
  5. Pengawasan (Controlling)

PERAN PR DALAM MANAJEMEN SUATU ORGANISASI

  1. Mengevaluasi Sikap / Opini Publik
  2. Mengidentifikasi Kebijakan & Prosedur Organisasi/Perusahaan dengan Kepentingan Publiknya
  3. Merencanakan & Melaksanakan Penggiatan Aktifitas Public Relations/Humas

PERANAN PR DALAM SUATU ORGANISASI (Inward Looking & Outward Looking)

  1. Penasehat Ahli (Expert Prescriber)
  2. Fasilitator Komunikasi (Kommunication Fasilitator)
  3. Fasilitator Froses Pemecahan Pasalah (Problem Solving Process)
  4. Teknisi Komunikasi ( Communication Technician)

MANAJEMEN PR /HUMAS (MC Elreath – 1993);

Penelitian, perencanaan dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi; mulai dari pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers internasional via satelit, dari pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multi media, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye politik dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis.

KEGIATAN & SASARAN PUBLIC RELATIONS (H Fayol);

  1. Membangun identitas /citra perusahaan
  2. Menghadapi krisis
  3. Mempromosikan aspek kemasyarakatan
  4. Mempromosikan yg menyangkut kepentingan  public
  5. Mendukung kegiatan kampanye sosial anti merokok,obat2 an terlarang, dsb.

KEMAMPUAN MANAGER PUBLIC RELATIONS

Harus memiliki karakter yg merupakan perpaduan seni dgn profesional yg baik dalam kemampuan manajerial,teknis, motivator, komunikator, perencanaan, pelaksanaan, dan hingga mengevaluasi program kerja dsb.

Creator, conseptor,mediator,problem solver

Definisi Public Relations menurut world assembly of public relations association (1978) :

Public Relations adalah ilmu sosial yang menganalisa tren, memprediksi konsekuensi, memberi konsultasi pada pimpinan dan mengimplementasikan program aksi terencana yang melayani kepentingan organisasi dan public

  1. Menganalisa kebutuhan komunikasi,
  2. Memberi advis manajemen,
  3. Merencanakan
  4. Mengimplementasikan program komunikasi

—————————-

sumber :

https://www.google.co.id/url?

https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_humas

https://manajemenpublicrelations.wordpress.com/manajemen-public-relations/

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0

No products in the cart.