Membuat Dan Menyusun Artikel Opini

  • 15 Agustus 2020

Tiap orang memiliki pandangan atau opini tersendiri mengenai suatu topik atau fenomena. Dalam percakapan, kita sering mengutarakan ini secara lisan sambil berdiskusi dengan orang lain. Tapi, bagaimana cara menyusun opini dalam bentuk artikel?

Berbeda dengan percakapan, artikel tidak bersifat dua arah. Artinya, kita tidak dapat mengetahui respons pembaca mengenai tulisan kita. Tapi, artikel memungkinkan kita untuk menjelaskan opini dengan lebih rinci, rapi, dan disertai berbagai alasan.

Untuk menyusun opini dalam bentuk artikel, ada tiga tahap yang harus diperhatikan:

1. Opini dapat dinyatakan lewat kalimat.

2. Opini juga dapat dijabarkan lewat paragraf yang lebih panjang.

3. Opini bisa disampaikan dalam bentuk artikel yang memperhatikan fakta-fakta.

Setelah menyusun opini, kita bisa mulai menuangkannya dalam bentuk artikel. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis opini adalah struktur, argumentasi, dan penggunaan bahasa.

Sebuah artikel yang baik dimulai dengan pengenalan masalah melalui pernyataan pendapat atau thesis statement, kemudian kita dapat memulai mengemukakan pendapat tentang masalah yang kita kenalkan sebelumnya, lalu menyatakan kembali apa yang menjadi pendapat kita sebelumnya untuk lebih meyakinkan pembaca.

Argumentasi adalah bagian yang terpenting dalam artikel opini. Ada beberapa hal yang harus dimiliki dalam argumentasi kita. Argumentasi yang ditulis harus kuat, dengan data-data yang faktual. Kemudian, kita harus menulis secara konstruktif agar pembaca dapat memahami dengan mudah. Lalu, berikanlah solusi yang komprehensif.

Sangat penting untuk memperhatikan bahasa yang kita gunakan dalam tulisan agar pembaca menikmati serta memahami pesan di dalam tulisan. Gunakanlah kata-kata ilmiah popular yang mungkin dikenal oleh semua orang, jangan menggunakan kata-kata yang membuat pembaca sampai membuka kamus untuk mengetahuinya.

Kemudian, kalimat yang ditulis komunikatif. Usahakan juga untuk menulis kalimat dengan efisien, efektif, dan mudah dipahami agar pembaca tidak bosan dengan tulisan yang bertele-tele.

Ada beberapa ciri-ciri yang memudahkan kita untuk menemukan opini dalam sebuah paragraf. Pertama, penggunaan kutipan langsung seseorang, bisa berupa komentar dari seorang ahli di bidang tersebut maupun masyarakat umum.

Kedua, menggunakan fakta dengan sudut pandang penulis untuk mendukung opini yang disampaikan. Ketiga, menggunakan kata ‘mungkin,’ ‘rasanya,’ dan lainnya. Keempat menggunakan kata-kata penyampaian saran, seperti ‘sebaiknya,’ ‘pendapat,’ ‘menurut,’ dan lain-lain.


Sumber: https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/menyusun-opini-dalam-bentuk-artikel-4342/

Leave a Comment: