Mengatasi Rasa Takut dan Suasana Garing

  • 31 Agustus 2020

Rasa Takut ? Siapa Takut…………..

“Satu-satunya yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri”. (Franklin D Roseevelt)

Rasa takut yang biasanya hinggap di pikiran anda merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu anda untuk berani melangkah ke tahap selanjutnya. Tetapi rasa takut yang seringkali anda rasakan sebenarnya dapat menolong anda untuk lebih waspada dalam berbagai hal.

Dan biasanya hal ini merupakan perasaan yang wajar terjadi ketika anda menghadapi berbagai hal baru. Seperti melakukan presentasi, ketika menawarkan sebuah produk, atau merintis usaha baru.

Anda mungkin sering membayangkan usaha anda gagal, presentasi anda buruk, orang-orang akan menolak anda. Setiap bayangan negatif ini bahkan bisa menjadi bayangan bagi anda untuk menghentikan setiap tindakan yang telah anda rencanakan.

Rasa takut seperti ini adalah musuh bagi keberhasilan. Beberapa rasa takut yang kita alami seringkali tidak nyata, cuma ada di khayalan kita. Intinya, anda lebih sering menakuti diri anda sendiri dengan menciptakan bayangan buruk akan suatu hasil negatif dari tindakan anda.

Jadi, untuk mengatasi rasa takut tersebut anda harus mulai merubah bayangan negatif menjadi bayangan positif. Karena anda sendiri yang menciptakan imajinasi menakutkan tersebut. Maka anda jugalah yang harus menghentikan imajinasi menakutkan dengan imajinasi yang membuat anda merasa tenang, dan percaya diri.

Ketahuilah bahwa setiap kali anda berhasil mengalahkan rasa takut anda, maka hal ini dapat menumbuhkan keyakinan anda akan kemampuan yang anda miliki dan membuat anda semakin percaya diri.

Joe Sabah pernah menulis bahwa, “Anda tidak harus hebat agar bisa mulai. Tetapi, Anda harus memulai agar bisa menjadi hebat”.  (oleh: Mardiana Fitriani)

3 Trik Jitu Menghadapi Suasana Yang Garing.

Gagal itu urusan nanti yang terpenting kita berani untuk mencoba dan mencoba (Uswar Putra)

Dalam presentasi anda pernah melihat audiens mulai gelisah, ada yang menguap, ada yang mengambil handphone bahkan ada juga yang mulai mengobrol dengan teman di sebelahnya. Apa yang harus anda lakukan?

Berikut ada 3 Trik Terjitu Menghadapi Suasana yang garing :

Advertisements
Loading...

1. Pembukaan yang menarik.

Kesan pertama dari pembicara adalah salah satu faktor penting dalam public speaking. Cara yang dapat dipakai untuk membuka sebuah presentasi antara lain membuka dengan semangat dan pastinya lebih semangat daripada mc yang menyebut nama anda.

Pujian yang tulus, antusias dan penuh semangat dari pembicara akan mampu membuat audiens merasa dihargai. Selain itu, pembicara juga dapat membuka presentasi dengan melemparkan pertanyaan atau cerita yang mampu menimbulkan rasa penasaran dari peserta terkait tema.

Pembukaan pun penting untuk menyamakan energi antara pembicara dengan audiens. Jika energi sudah sama, materi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami.

2. Variasikanlah cara anda menyampaikan materi.

Jangan selalu dan terlalu sering menggunakan satu cara saja, Gunakanlah berbagai cara untuk menyampaikan pesan anda. misalnya saja dengan cerita, video atau diskusi.

Selain itu variasikanlah juga intonasi suara anda, jangan sampai suara anda juga terlalu kecil dan tidak jelas. bermainlah dengan intonasi yang tinggi dan sedang agar pendengar tidak bosan dan tertidur saat anda berbicara.

3. Buat presentasi anda lebih interaktif.

Libatkan audiens dalam presentasi anda, mereka juga ingin berpartisipasi. Gaya belajar dan kemampuan tiap audiens untuk menerima materi tidaklah sama. Ada orang yang tahan dan tetap fokus walau telah duduk lama.

Namun, tak sedikit orang yang mudah lelah ketika mendengarkan materi yang panjang. Oleh karena itu, untuk mengembalikan semangat semua peserta, pembicara perlu menyelingi materi dengan ice breaking yang variatif.

Ada banyak ice breaking yang dapat diterapkan seperti senam jari, bermain kata, melemparkan lelucon dan sebagainya. Dengan berpartisipasi mereka juga akan bergerak dan berpikir, inilah yang akan membuat audiens tidak lagi bosan dan mengantuk. (oleh : Mareti Handayani)

—————————————-

Sumber http: http://publicspeakingacademy.co.id/blog/

Advertisements
Loading...

Leave a Comment: