Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Tugas Pokok Humas

  • 26 Agustus 2020

Humas adalah singkatan dari Hubungan Masyarakat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Public Relation (PR). Lalu sebenarnya apa pengertian Humas itu, dan apa manfaatnya bagi sebuah perusahaan?

Artikel ini akan membahas secara ringkas dan jelas beberapa hal yang berhubungan dengan Public Relation, di antaranya:

  • Pengertian Humas, baik secara umum maupun menurut beberapa ahli.
  • Tujuan dan manfaat Public Relation bagi sebuah organisasi.
  • Fungsi Hubungan Masyarakat bagi sebuah organisasi.
  • Jenis-Jenis Hubungan Masyarakat pada umumnya.
  • Beberapa contoh Hubungan Masyarakat yang pernah dilakukan oleh perusahaan.

Pengertian Humas Adalah

Secara bahasa, pengertian Humas adalah proses komunikasi strategis yang digunakan oleh suatu pihak, baik individu, perusahaan, atau organisasi, untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat.

Dalam organisasi atau Perusahaan, Humas merupakan divisi yang bertanggungjawab untuk melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat terkait dengan organisasi tersebut.

Dengan kata lain, divisi Public Relation adalah bagian dari organisasi yang bertanggungjawab untuk menyusun rencana komunikasi khusus dengan berbagai media dalam upaya membangun dan mempertahanan reputasi, citra, komunikasi, serta hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik.

Secara sederhana, Hubungan Masyarakat adalah proses strategis dalam mengelola penyampaian dan penyebaran Informasi terkait organisasi kepada publik untuk mempertahankan reputasi yang baik dari organisasi dan mereknya.

Pada pelaksanaannya, proses Hubungan Masyarakat berfokus pada beberapa hal, yaitu:

  • Informasi apa yang harus dirilis.
  • Bagaimana informasi itu harus disusun.
  • Bagaimana informasi itu harus dirilis.
  • Media apa yang harus digunakan untuk menyebarkan informasi tersebut.

Pengertian Humas Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu Humas, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

  1. J. C. Seide
    Menurut J. C. Sidel, pengertian Humas adalah proses berkesinambungan dari usaha-usaha Manajemen agar bisa mendapatkan itikad baik dan pengertian dari para pelanggan, karyawan, dan publik secara umum.
  2. Howard Bonham
    Menurut Howard Bonham, pengertian Humas adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan publik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap sebuah lembaga atau organisasi.
  3. Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom
    Menurut Cutlip, Center, dan Broom, pengertian Humas adalah fungsi manajemen yang bertujuan membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang bisa memberikan dampak positif terhadap keberhasilan atau kegagalan sebuah organisasi.

Selanjutnya, mereka berpendapat bahwa Public Relation adalah fungsi manajemen yang bertugas untuk:

  • Memberikan penilaian terhadap sikap publik.
  • Mengidentifikasi kebijakan dan tata cara organisasi/ perorangan dalam melayani kepentingan publik.
  • Membuat rencana dan melakukan program untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan dari masyarakat.
  1. International Public Relations Association (IPRA)
    Menurut IPRA, pengertian Public Relation adalah fungsi manajemen yang terencana dan berkalanjutan di dalam orgnisasi induk atau pun lembaga swasta yang bertujuan mendapatkan simpati, pegertian serta dukungan dari pihak terkait.

Kalau disederhanakan lagi Humas adalah manajemen yang membantu pencapaian tujuan organisasi, memfasilitasi perubahan organisasional dan mendefinisikan filosofi.

Tujuan Humas Dalam Organisasi

Pada dasarnya, tujuan utama dari Public Relation adalah untuk menjaga reputasi positif sebuah perusahaan atau brand di mata publik.

Selain itu, Hubungan Masyarakat juga bertujuan untuk menjaga hubungan strategis antara perusahaan dengan masyarakat, calon pelanggan, mitra, investor, pegawai, dan para pemangku kepentingan lainnya yang mengarah pada citra brand yang positif dan membuatnya terlihat sukses, jujur, penting, dan relevan.

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa tujuan dari Hubungan Masyarakat:

  • Meningkatkan dukungan, bantuan, dan partisipasi dari publik dalam bentuk sarana, prasarana, tenaga, dan dana, untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.
  • Menciptakan rasa tanggungjawab dari masyarakat akan keberlangsungan program organisasi secara efektif dan efisien.
  • Melibatkan publik dalam penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi oleh organisasi.
  • Membuat dan mengembangkan pencitraan yang baik untuk organisasi dan juga kepada para pimpinan/ stakeholder dengan sasaran terjalinnya hubungan yang baik antara publik internal dengan publik eksternal.
  • Memperluas jangkauan pelanggan yang terhubung untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan mutu organisasi.

Fungsi Humas Dalam Organisasi

Fungsi humas kerap dikaitkan dengan marketing, padahal keduanya berbeda. Peran utama Humas adalah untuk mempromosikan merek dengan menggunakan konten editorial yang muncul di majalah, surat kabar, saluran berita, situs web, blog, dan program TV.

Pada praktiknya, bidang Humas nantinya membantu mendidik, memberikan infomasi, membangkitkan ketertarikan masyarakat, merencanakan strategi untuk meraih simpati hingga membuat masyarakat mengerti dalam situasi tertentu.

Seperti ketika perusahaan diterpa kasus tidak sedap yang mengancam citra baik perusahaan, pihak Humas nantinya akan memberikan edukasi dan berbagai upaya pada khalayak supaya tidak memberikan citra buruk tentang perusahaan mereka.

Divisi Humas akan menyusun berbagai strategi supaya mendapatkan simpati dan agar brand yang dibangun dengan susah payah tidak redup begitu saja. Makanya pekerjaan humas nantinya akan berhubungan dengan pers dan tidak pernah lepas dari ilmu komunikasi.

Menurut Edward L. Bernays, ada beberapa fungsi humas, di antaranya:

  • Memberikan pemahaman kepada publik mengenai sebuah merek atau perusahaan.
  • Melakukan persuasi kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku
  • Berupaya untuk menyatukan sikap dan perilaku publik agar sesuai dengan sikap dan perbuatan sebuah lembaga, atau sebaliknya.

Secara spesifik, adapun beberapa fungsi Hubungan Masyarakat dalam sebuah organisasi antara lain:

  • Mengantisipasi, menganalisis, dan menafsirkan opini dan sikap masyarakat terhadap perusahaan atau merek, dan menyusun strategi dengan menggunakan media untuk memengaruhi mereka.
  • Merancang strategi untuk mendukung setiap kampanye perusahaan atau merek dan melakukan gerakan baru melalui konten editorial.
  • Membuat dan mendistribusikan siaran pers.
  • Membuat isi pidato.
  • Merencanakan dan melaksanakan kegiatan untuk menjangkau publik dan membangun hubungan dengan berbagai media secara khusus.
  • Menulis konten untuk web (situs web internal dan eksternal).
  • Mengembangkan strategi hubungan masyarakat.
  • Menangani penampakan merek perusahaan di media sosial dan menanggapi ulasan publik di situs media sosial.
  • Konseling dengan karyawan perusahaan terkait dengan kebijakan, tindakan, tanggung jawab organisasi, dan tanggung jawab mereka.
  • Berurusan dengan badan pemerintah dan legislatif atas nama organisasi.
  • Berurusan dengan kelompok masyarakat dan organisasi lain yang berkaitan dengan kebijakan sosial dan lainnya dari organisasi dan peraturan pemerintah.
  • Menangani hubungan dengan investor.

Tugas Humas Secara Umum

Secara umum tugas utama humas adalah mempromosikan pengertian dan pengetahuan akan semua fakta tentang urutan situasi sehingga organisasi mendapatkan simpati dari situasi dan kejadian tersebut.

Tugas pokok humas pada sebuah organisasi di antaranya:

  1. Menciptakan Kesan/ Image; kesan yang didapatkan seseorang terhadap seseorang, produk, atau situasi, sesuai dengan tingkat pengetahuan orang tersebut.
  1. Pengetahuan dan Pengertian; Humas sangat berperan dalam memberikan informasi kepada publik internal dan publik eksternal dengan menyediakan informasi yang akurat dan dalam format yang mudah dipahami.
  1. Menciptakan Ketertarikan (Interest); Humas juga harus mampu menciptakan ketertarikan publik terhadap situasi tertentu yang berdampak besar pada organisasi.
  1. Penerimaan dari Publik; Humas bertanggungjawab dalam memberikan penjelasan kepada publik atas situasi atau kejadian sehingga sikap menentang, ketidakpedulian yang ada di sekitarnya dapat berubah menjadi pengertian dan penerimaan.
  1. Meraih Simpati; Humas harus bisa menyampaikan informasi secara jelas kepada publik untuk meraih simpati.

Jenis-Jenis Hubungan Masyarakat

Hubungan Masyarakat bukan berarti harus banyak menggelar konferensi pers atau mengundang wartawan demi membuat citra baik. Namun Humas dituntut untuk membuat simbol komunikasi baik verbal maupun non-verbal.

Contoh kegiatan verbal antara lain menulis artikel, proposal, presentasi, press release, membuat progress report dan sebagainya. Sementara komunikasi verbal bisa berupa open house, desk information, announcer, dan lain-lain.

Berikut ini merupakan beberapa jenis hubungan masyarakat:

  1. Customer Relations; Divisi humas menciptakan hubungan baik dengan pihak di luar perusahaan, misalnya dengan konsumen.
  1. Employee Relations; tidak hanya di luar perusahaan, humas juga wajib membangun komunikasi antara pimpinan dan bawahan.
  1. Community Relations; dalam hal ini, community relation bertujuan menciptakan hubungan baik antara perusahaan dengan pihak terkait misalnya partner dan juga komunitas tertentu.
  1. Government Relations; menciptakan hubungan baik antara organisasi dengan pemerintah.
  1. Media Relations; media berperan penting dan harus dijembatani oleh humas perusahaan karena kebanyakan sumber citra perusahaan bersumber dari sini.

Peran Public Relation

  1. Expert Pereciber Communication; Ini yang unik. PR dianggap sebagai expert yang kerap memberikan masukkan untuk perusahaan. Ini berkaitan dengan peran Public Relation sebagai jembatan informasi antara perusahaan dan konsumen.
  1. Facilitator; Humas berfungsi dalam setiap menejemen. Mereka berperan sebagai fasilitator dan selalu ada saat masa kritis perusahaan muncul. Bahkan, devisi humas akan menjadi leader dalam permasalahan yang dihadapi perusahaan di lingkungan dan masyarakat.
  1. Communication Facilitator; Humas akan menjadi fasilitator atau jembatan komunikasi antara konsumen, masyarakat dan perusahaan. Tidak heran mereka juga menjadi penengah sekaligus.
  1. Technician Communication; Public Relation adalah pelaksana teknis komunikasi yang bertugas sebagai penyedia layanan.

Ada beberapa cara yang dilakukan oleh bidang kehumasan dalam menciptakan opini publik, antara lain:

  • Tekanan (Pressure): Memberikan pengaruh baik secara individu karena memiliki kewibawaan.
  • Membeli (buying): Kegiatan ini sama seperti membeli amplop atau suara opini publik. Ini diperlukan dalam rapat pemegang saham perusahaan untuk menjaga citra perusahaan.
  • Bujukan (persuasive): Tindakan persuasif adalah hal yang paling tepat untuk membentuk opini publik.

Manfaat Humas Bagi Organisasi

Dari penjelasan pengertian humas tentu kita menyadari manfaat humas di dalam sebuah organisasi. Menurut Frank Jefkins, beberapa manfaat Hubungan Masyarakat adalah:

  1. Manajemen Krisis; semua organisasi pasti pernah mengalami masa krisis sehingga dibutuhkan adanya persiapan dalam mengatasinya. Divisi humas akan bermanfaat sebagai tim manajemen krisis dalam organisasi yang berhubungan dengan masyarakat.
  1. Identitas Perusahaan; staff Humas bertugas menciptakan identitas perusahaan. Tugas ini sangat penting karena menyangkut semua aspek organisasi secara keseluruhan dan merupakan bagian paling penting dari semua jenis komunikasi dalam organisasi.
  1. Penerbitan Desktop; manfaat humas sebagai penerbitan desktop sangat penting pada sebuah organisasi. Dan organisasi jaman sekarang lebih memang membutuhkan operator komputer yang berdedikasi ketimbang editing konvensional.
  1. Hubungan dengan Pemerintah; Beberapa organisasi membutuhkan Humas yang bertugas untuk berhubungan dengan pemerintah, parlemen, dan para birokrat di instansi pemerintah.
  1. Public Relations Financial; Organisasi juga membutuhkan konsultan Humas yang khusus beraktivitas pada bidang keuangan dan operasional bisnis sebuah perusahaan. Aktivitas tersebut dilakukan untuk mendukung rencana perusahaan klien agar turut serta di bursa saham atau memberikan dukungan saat membuat laporan keuangan tahunan.

Keuntungan dan Kekurangan Humas

  1. Keuntungan Humas
  • Kredibilitas: Publik lebih mempercayai pesan yang datang dari pihak ketiga tepercaya ketimbang sebuah konten yang diiklankan.
  • Jangkauan: Strategi public relations yang baik dapat menarik banyak media berita untuk menampilkan konten ke masyarakat luas.
  • Efektivitas biaya: Hubungan masyarakat adalah salah satu cara efektif untuk menjangkau masyarakat luas yang hemat biaya dibandingkan dengan promosi berbayar.
  1. Kekurangan Humas
  • Tidak Ada Kontrol Langsung: Tidak seperti media berbayar, tidak ada kontrol langsung atas konten yang didistribusikan oleh media secara gratis. Ini adalah risiko terbesar berinvestasi di bidang PR.
  • Sulit Untuk Mengukur Keberhasilan: Sangat sulit untuk mengukur dan mengevaluasi keefektifan kampanye PR.
  • Tidak Ada Hasil yang Dijamin: Penerbitan rilis pers tidak dijamin karena perusahaan tidak membayarnya. Perusahaan media mempublikasikannya hanya jika dirasa akan menarik bagi audiens yang ditarget.

Contoh Hubungan Masyarakat

Banyak pihak yang mengaitkan fungsi Humas dengan pemasaran dan periklanan. Meskipun sama-sama bertujuan mempromosikan, namun ada perbedaan di antara ketiganya, yaitu:

  1. Humas mengkomunikasikan pesan yang disusun secara ahli menggunakan media yang tidak dibayar untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat.

    Humas tidak hanya hanya untuk membangun citra positif, tetapi juga untuk mengurangi kerusakan yang dapat melemahkan reputasi sebuah perusahaan atau merek.

  1. Periklanan mengkomunikasikan pesan secara berbayar yang dimaksudkan untuk memberi tahu orang-orang tentang sesuatu atau untuk mempengaruhi mereka untuk membeli atau mencoba sesuatu.
  1. Pemasaran identik dengan proses pengenalan produk atau layanan kepada konsumen yang potensial di mana dalam pelaksanaannya meliputi periklanan, Public Relation, promosi, dan penjualan.

Nah, dari penjelasan tersebut kita bisa mengetahui perbedaan di antara ketiganya. Berikut ini adalah contoh public relation yang dilakukan oleh beberapa perusahaan besar:

  1. Google Ikut Melawan Ebola

Beberapa tahun lalu Google pernah mengajak masyarakat dunia untuk melawan Ebola, yaitu dengan memberikan $2 untuk setiap dollar yang disumbangkan oleh masyarakat melalui situs Google.

Ini merupakan salah satu contoh Public Relation yang efektif karena setelah peluncurannya ternyata mengundang banyak media untuk mengulas aksi tersebut, termasuk berita dan artikel online, yang menyebutkan kampanye tersebut mengumpulkan lebih dari $7 juta untuk memerangi Ebola.

  1. JetBlue dan Bayi yang Menangis

Bayi menangis di pesawat seringkali tidak menyenangkan bagi penumpang, di mana sang ibu seringkali akan mendapatkan tatapan tidak ramah. JetBlue, sebuah maskapai penerbangan di Amerika bersimpati pada hal ini.

JetBlue memiliki ide Public Relation yang unik sebagai respon terhadap hal tersebut. Dalam rilis PR-nya, Maskapai penerbangan tersebut menawarkan diskon 25% bagi penumpang untuk penerbangan dari Bandara JFK ke Long Beach setiap kali mereka melihat bayi menangis di pesawat.

Kampanye dalam bentuk video tersebut ditonton lebih dari 1,3 juta orang di halaman Facebook JetBlue, dan ditonton lebih dari 1,6 juta orang di YouTube. Ini merupakan contoh Public Relation yang memberikan dampak yang sangat besar bagi reputasi perusahaan.

  1. Gambar Profil Facebook Dukungan untuk Paris

Menanggapi penembakan tragis di Paris pada 2015 lalu, di mana sedikitnya 129 orang tewas, Facebook menambahkan filter bendera Prancis yang dapat diterapkan pengguna ke foto profil mereka untuk mendukung Prancis. Hasilnya, jutaan orang menerapkan filter ini dan menghargai upaya Facebook ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa Public Relation adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau brand. Terutama ketika perusahaan baru saja dibangun, karena menciptakan citra yang baik di masyarakat adalah hal yang krusial.

Seperti disebutkan sebelumnya, Humas itu berbeda dengan periklanan dan pemasaran. Namun dalam pelaksanaannya, Humas masih memiliki keterkaitan dengan proses pemasaran dan periklanan.

Demikianlah penjelasan mengenai Public Relation, mulai dari pengertian Humas, tujuan, fungsi, tugas, jenis-jenis, peran, manfaat, dan contoh Hubungan Masayarakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

—————————————————–

Sumber http: https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-humas.html

Leave a Comment: