Pelatihan Humas, MC dan Protokoler

Rp4.900.000

Berbagai lembaga, institusi dan organisasi saat ini semakin merasakan perlunya keberadaan petugas kehumasan yang memiliki kompetensi tinggi, karena dinamika publik atau masyarakat memang kian beragam dan berkembang. Salah satunya adalah keterampilan mengelola kegiatan/acara, baik acara resmi ataupun tidak resmi.

Salah satu fungsi utama seorang Pembawa Acara (master of ceremony/MC) ialah memandu, mengendalikan, dan mengatur acara secara sistematis, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan kegiatan. Selain itu juga bertanggung jawab memastikan acara berlangsung lancar dan tepat waktu, meriah atau khidmat dari awal hingga akhir. Dalam konteks keorganisasian, MC sering menjadi bagian dari kegiatan kehumasan dan keprotokoleran.

Oleh karena itu, para Master of ceremony (MC) perlu memiliki pemahaman akan fungsi dan peran kehumasan, keprotokoleran, UU keprotokolan, etika dan tata acara dan upacara, serta mesti mampu membangun attitute profesional serta mememiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, yang semuanya itu sangat mempengaruhi citra dan reputasi institusi.

Maka, mempersiapkan dan meningkatkan kapasitas dan kompetensi Master of Ceremony (MC) profesional ini menjadi salah satu hal penting yang perlu disiapkan oleh berbagai lembaga dan organisasi, baik pemerintahan maupun swasta.

KISI-KISI MATERI

Adapun materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini adalah:
1. Dasar-Dasar Kehumasan
2. Komunikasi Efektif
3. Keahlian Komunikasi Interpersonal
4. UU Keprotokolan
5. Manajemen Keprotokolan
6. Tata tempat, tata penghormatan dan tata upacara
7. Master of Ceremony
8. Contoh-Contoh Acara ( Studi Kasus )
9. Etika Pergaulan Professional
10. Etiket

SASARAN PESERTA

Pelatihan ini sangat tepat diikuti oleh staf bagian kehumasan atau public relation, SDM, kesekretariatan, manager umum dan para eksekutif lain yang sering berhubungan dengan kegiatan/acara.

NARASUMBER

DYAH RAHMI ASTUTI

Dyah Rahmi Astuti, S.Sos., M.Si., CPR. Lahir di Jakarta pada 19 April 1980. Menyelesaikan studi pada program Sarjana (S1) di Humas IAIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2003 dan Program Pascasarjana di Komunikasi Bisnis Universitas Islam Bandung (UNISBA) tahun 2012. Saat ini, sedang menempuh Program Doktor Bidang Media dan Agama di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Memulai karir MC (Master of Ceremony) sejak tahun 2002 hingga sekarang. Acara yang pernah dibawakan diantaranya, acara pengukuhan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal RI periode 2014-2019 Dr. HC Helmi Faisal Zaini, acara pengukuhan Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 Dr. HC Ahmad Heryawan, LC, acara workshop keprotokolan di kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, PR Engagement, Wisuda, Pelantikan Pejabat dan lainnya.

Pada 2007 diangkat sebagai dosen tetap di Ilmu Komunikasi (ILKOM) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan mulai tersertifikasi pada tahun 2013. Pada 2019 sudah bersertifikasi Certified Public Relations (CPR) dan Asesor oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Pada tahun yang sama, menjabat sebagai Ketua Prodi Hubungan Masyarakat Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2019-2023.  Pada tahun 2020, menjadi founder CV. TrustmePR Consultant.

Sejak 2010 hingga sekarang menjadi narasumber dan pembicara utama pada berbagai workshop ataupun in house training bertemakan keprotokolan, MC, Table Manner, Public Speaking, Public Relations, Communications, Branding dan Teknik Presentasi yang dilaksanakan di berbagai instansi pemerintahan, instansi pendidikan maupun perusahaan swasta seperti Kementerian Keuangan RI, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Jalasenastri Markas Besar TNI AL, PT. Jasa Marga, KBI, Bank Banten, Bank Papua, PT Pegadaian (Persero), PT. Unilum, PT. Berdikari (Persero), RS. Mattaher Jambi, Badan POM Kalimantan, PT. Angkasa Pura, Universitas Negeri Malang, PLN Malang, Politeknik Banyuwangi, dan lainnya.

Pernah menjadi pengurus Persatuan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Bandung, menjadi Pengurus Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) sebagai koordinator bidang Buku Departemen Litbang & Pengabdian periode 2021-2024, dan Anggota Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Jawa Barat.

BIAYA PELATIHAN

Biaya pelatihan : Rp. 4.900.000 / orang

Catatan:
– Biaya sudah termasuk modul, sertifikat, coffee break dan makan siang.
– Tidak termasuk biaya penginapan

TENTANG INTERMEDIA

STAY CONNECTED

InterMedia Karya Utama

Lembaga Pelatihan Keterampilan Berkomunikasi, Kehumasan, Videografi, Digital Marketing dan Sosial Media

Copyright 2007-2022 InfoIntermedia.com

February. Spa oplevelse i skåne? se de bedste spa oplevelser i skåne. Finance.