Pelatihan Professional Writing & Editing

Stigma yang masih kuat melekat pada banyak kaum professional bahkan intelektual sekalipun: “menulis itu sulit, dan saya nggak bisa“.

Padahal berbagai fakta makin membuktikan bahwa keterampilan menulis sebenarnya bukanlah bakat bawaan, tetapi sebuah keterampilan biasa seperti keterampilan lain pada umumnya.

Artinya keterampilan menulis itu dapat dilatih dan ditingkatkan.

Sekalipun keterampilan ini kini mendapatkan tantangan kuat dari chatGPT, namun tetap saja substansi utama dari kemampuan menulis (proses kreatif & proses berfikir) masih sangat diperlukan dan tak tergantikan

TARGET PELATIHAN

Melalui pelatihan menulis dan editing ini, ada tiga keterampilan utama yang akan ditingkatkan, yaitu:

1. Keterampilan Menulis Kreatif (Creative Writing Skill)

Yaitu keterampilan menciptakan gagasan/ide kreatif lalu menuangkannya menjadi sebuah tulisan.

Umumnya ini keterampilan yang sulit bagi kebanyakan orang. Ada banyak “sumbatan” … bahkan ketika baru saja akan memulai penulisan. Sumbatan atau hambatan kreatif ini harus “dihancurkan” agar menulis pun jadi lancar.

2. Keterampilan Berbahasa

Yaitu keterampilan dalam menuliskan, menyusun dan memperbaiki kata dan kalimat, sesuai ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar …. sekaligus membuat pembaca mudah memahami maksud penulis.

3. Keterampilan Desain Komunikasi Tulisan

Yaitu keterampilan merancang, meramu sekaligus menyunting berbagai bahan/resources menjadi sebuah naskah yang “menyatu” padahal berasal dari banyak sumber. Termasuk keterampilan memilih angle, mendesain alur komunikasi penulisan, lalu mengemasnya menjadi sebuah naskah yang menarik minat pembaca.

KISI-KISI MATERI PELATIHAN

1. Writer’s Block
Hambatan menulis sering melumpuhkan setiap penulis, terutama para pemula. Ada caranya bagaimana mengatasi hambatan menulis ini. Hal ini akan dilatihkan kepada para peserta sehingga untuk selanjutnya, hambatan ini dengan mudah dapat teratasi.

2. Teknik Menulis Berita & Press Release
Tidak semua peristiwa layak diberitakan. Tidak pula semua hal harus disampaikan. Ada kriteria jurnalistik yang perlu dikuasai, sehingga naskah berita yang dihasilkan memang benar-benar bernilai tinggi.

3. Teknik Menulis Artikel Populer
Menulis artikel tidak sama dengan menulis berita ataupun features. Dalam sesi ini peserta akan dilatihkan bagaimana menggarap sebuah artikel popular yang menarik, dengan bahasa yang mudah dipahami.

4. Teknik Menulis Feature & Laporan
Apa bedanya menulis berita dengan menulis feature? Bagaimana mendapatkan sumber bahan penulisan feature? Bagaimana melakukan liputan dan wawancara, dan menuangkannya menjadi sebuah naskah feature yang enak dibaca? Topik-topik inilah yang akan dipelajari dalam sesi pelatihan ini.

5. Teknik Menyunting & Meramu Naskah
Setelah draft naskah dihasilkan, atau ada naskah kontributor yang masuk, maka pada umumnya naskah tersebut perlu direvisi dan bahkan bisa jadi harus dikemas ulang. Bagaimana mengubah naskah yang tadinya “biasa-biasa saja” menjadi naskah yang “luar biasa” … inilah latihan yang akan kita ikuti pada pelatihan ini.

PESERTA PELATIHAN

Pelatihan menulis ini terbuka untuk umum, termasuk para profesional berbagai bidang, akademisi, peneliti, dosen, humas, corporate communications, corporate secretary, manager berbagai bidang, dllsb.

PEMANDU PELATIHAN

J. HARYADI

j. haryadi

Jumari Haryadi alias J. Haryadi adalah seorang penulis, trainer dan motivator. Buku pertamanya yang berjudul “25 Ide Bisnis yang Paling Kreatif” terbitan Iqro Graft, Jakarta, yang ditulis bersama M.B. Ariyanto dan Dr. Wahyu Saidi, M.Sc. berhasil menjadi salah satu buku best selller. Buku keduanya berjudul “Mengintip Rahasia Sukses Pengusaha Bermodal Tekad” yang ditulis berdua M.B. Ariyanto dan diterbitkan oleh Penerbit Mata Air Publishing, Jakarta, juga berhasil mendapat respon positif di pasaran.

Selain menulis buku, Ayah dari empat anak ini juga sudah menulis ratusan artikel di berbagai media cetak, media online, blog dan website. Juga menjadi pimpinan redaksi Pratama Media News dan dewan redaksi di Majalah Veasna.

J. Haryadi pun aktif mengasuh Komunitas Penulis Kreatif (KPKers), sebuah organisasi kepenulisan yang beranggotakan ribuan orang dan telah tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Grup kepenulisannya ini bukan hanya aktif di dunia maya, namun aktif juga secara off line. Melalui grup ini penulis yang low profile ini ingin menyumbangkan ilmunya bagi kemajuan dunia literasi dan ilmu pengetahuan masyarakat Indonesia.

Karya Intelektual Yang Diterbitkan

  1. 25 Ide Bisnis Yang Paling Kreatif (Iqro Graft – Jakarta)
  2. Kewirausahaan Islami: Membangun Usaha yang Halal dan Diridai Allah SWT (Proexpert Publishing – Bandung)
  3. 17 Pengusaha Sukses Bermodal Tekad (Mata Air Publishing – Jakarta)
  4. Muhammad Sebagai Bisnisman Ulung (Quanta – Jakarta)
  5. 17 Strategi Jitu Sukses Kuliah di Perguruan Tinggi (Elex Media Komputindo – Jakarta)
  6. Dahsyatnya Sabar, Syukur, dan Ikhlas Muhammad SAW (Ruangkata – Bandung)
  7. SMS : Spiritual Motivation for Success (Quanta – Jakarta)
  8. Total Success: Jangan Jadi Orang Biasa Jika Bisa Jadi Luar Biasa (Qultummedia – Jakarta)
  9. Anda Dilahirkan Sebagai Pemenang, Bukan Sebagai Pecundang (Elex Media Komputindo – Jakarta)
  10. Tahukah Anda Fakta Buah dan Sayur Yang Berbahaya (Dunia Sehat – Jakarta)
  11. Perisai Asmara (Elex Media Komputindo – Jakarta)
  12. Biografi Bupati Lampung Utara: Agung Ilmu Mangkunegara, Sang Inspirator Muda “Sai Bumi Ruwa Jurai” (Mega Rancage Press – Bandung)

WAKTU & TEMPAT

Waktu 2 hari jam 09.00 – 16.00 WIB, dengan pilihan jadwal bebas (bisa ditentukan sendiri)

Peserta 1 orang, tetap running

Tempat: Hotel Neo, Jl. Dipatiukur 72-74 Bandung

BIAYA PELATIHAN

  • Rp. 4.900.000,- per orang

Catatan:
– Biaya sudah termasuk modul, sertifikat, coffee break dan makan siang.
– Tidak termasuk biaya penginapan