Pelatihan Public Speaking
MC & Protokoler

Hotel Grand Tebu Bandung
22 – 23 Februari 2024

pelatihan workshop in house training intermedia

Public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum sebenarnya adalah keterampilan mutlak yang harus dimiliki oleh semua orang di era yang makin kompetitif saat ini.

Orang yang terampil berkomunikasi di depan publik, apalagi juga mampu menguasai audiens, pastilah unggul dan lebih mudah meraih berbagai kesuksesan!

Namun, sayangnya, dari hasil penelitian terungkap, 8 dari 10 orang dewasa di negara berkembang takut untuk bicara di depan umum. Ini mungkin karena keterampilan ini tidak diajarkan atau dilatih sejak kecil.

Apalagi jika dilengkapi pula sekaligus dengan keterampilan master of ceremony (MC) dan protokoler berbagai jenis acara, baik formal dan informal.

Sebab persepsi umum, seseorang yang bisa public speaking, dianggap ia pasti juga bisa cakap sebagai MC dan protokoler.

Walau sebenarnya kan ada beberapa teknik tambahan yang harus dikuasai seorang MC dan protokoler; khususnya skill dalam memandu, mengendalikan, dan mengatur acara secara sistematis, efektif dan efisien dan perlu memiliki pemahaman berbagai aspek keprotokoleran, UU keprotokolan, etika dan juga tata acara dan upacara. 

Sebenarnya skill public speaking, MC dan protokoler ini bisa dilatih dan dipelajari kok. Skill ini bukanlah bakat bawaan. Telah banyak terbukti, siapa pun yang mau belajar dan berlatih, maka ia pasti berhasil menguasai keterampilan ini.

Nah, pelatihan khusus ini memang dirancang untuk tujuan ini.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN

Melalui pelatihan ini, Anda akan meng-upgrade skill, teknik & performance Anda agar :

  • Memiliki kepercayaan diri lebih tinggi
  • Mampu mengatasi kecemasan dan stres saat bicara di depan umum.
  • Mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan persuasif, menggunakan bahasa tubuh yang tepat, dan membangun interaksi dengan audiens.
  • Mampu mengoptimalkan penggunaan bahasa tubuh, intonasi yang tepat, sekaligus  meningkatkan kemampuan mendengarkan.
  • Mampu melakukan presentasi dan berbicara di depan umum secara percaya diri dan nyaman
  • Mampu menghidupkan segala sesuatu yang dikatakan, penuh pengaruh serta bersifat alami
  • Mampu menemukan strategi yang canggih dalam menghadapi berbagai tipe audience

MATERI PELATIHAN 

  1. Komunikasi Efektif
  2. Mengatasi Rasa Takut, Gugup dan Stres
  3. Elemen public speaking (vokal, eye contact, gesture, teknik pernapasan, melatih diagfragma)
  4. Mengatasi berbagai tipe audience
  5. Teknik public speaking
  6. Master of Ceremony
  7. Komunikasi Interpersonal
  8. UU Keprotokolan dan manajemen keprotokolan
  9. Tata tempat, tata penghormatan dan tata upacara
  10. Contoh-Contoh Acara ( Studi Kasus )

WAKTU & TEMPAT

Jadwal: 22 – 23 Februari 2024
Jam : 09.00 – 16.00 WIB
Tempat: Hotel Grand Tebu, Jl. LLRE Martadinata 207 Bandung

BIAYA PELATIHAN

  • Rp. 4.500.000 per orang

Catatan:
– Biaya sudah termasuk modul, sertifikat, coffee break dan makan siang.
– Tidak termasuk biaya penginapan

NARASUMBER

 

Dyah Rahmi Astuti, S.Sos., M.Si., CPR. Lahir di Jakarta pada 19 April 1980. Menyelesaikan studi pada program Sarjana (S1) di Humas IAIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2003 dan Program Pascasarjana di Komunikasi Bisnis Universitas Islam Bandung (UNISBA) tahun 2012. Saat ini, sedang menempuh Program Doktor Bidang Media dan Agama di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Memulai karir MC (Master of Ceremony) sejak tahun 2002 hingga sekarang. Acara yang pernah dibawakan diantaranya, acara pengukuhan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal RI periode 2014-2019 Dr. HC Helmi Faisal Zaini, acara pengukuhan Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 Dr. HC Ahmad Heryawan, LC, acara workshop keprotokolan di kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, PR Engagement, Wisuda, Pelantikan Pejabat dan lainnya.

Pada 2007 diangkat sebagai dosen tetap di Ilmu Komunikasi (ILKOM) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan mulai tersertifikasi pada tahun 2013. Pada 2019 sudah bersertifikasi Certified Public Relations (CPR) dan Asesor oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Pada tahun yang sama, menjabat sebagai Ketua Prodi Hubungan Masyarakat Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2019-2023.  

Sejak 2010 hingga sekarang menjadi narasumber dan pembicara utama pada berbagai workshop ataupun in house training bertemakan keprotokolan, MC, Table Manner, Public Speaking, Public Relations, Communications, Branding dan Teknik Presentasi yang dilaksanakan di berbagai instansi pemerintahan, instansi pendidikan maupun perusahaan swasta seperti Kementerian Keuangan RI, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Jalasenastri Markas Besar TNI AL, PT. Jasa Marga, KBI, Bank Banten, Bank Papua, PT Pegadaian (Persero), PT. Unilum, PT. Berdikari (Persero), RS. Mattaher Jambi, Badan POM Kalimantan, PT. Angkasa Pura, Universitas Negeri Malang, PLN Malang, Politeknik Banyuwangi, dan lainnya.

Pernah menjadi pengurus Persatuan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Bandung, menjadi Pengurus Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) sebagai koordinator bidang Buku Departemen Litbang & Pengabdian periode 2021-2024, dan Anggota Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Jawa Barat.

Form Pendaftaran Training