Tips Editing Fotografi Melalui Smart Phone

  • 26 September 2020

Foto saat ini menjadi salah satu elemen andalan di berbagai media. Hal tersebut juga didorong oleh kemajuan pesat dunia sosial media. Semua orang seolah berbondong-bondong menghasilkan foto cantik nan menarik untuk dipamerkan.

Tak hanya seorang fotografer, saat ini siapa saja bisa menghasilkan foto yang indah. Salah satunya dengan teknik editing. Namun, meski bisa membuat foto lebih menarik, proses editing akan kurang maksimal jika foto yang dihasilkan kurang bagus.

Karenanya, pastikan komposisi serta cahaya saat memotret sudah seimbang, ya! Lalu, bagaimana langkah mengedit foto agar lebih menarik? Yuk, simak tips singkat di bawah ini!

Memotong foto dengan cropping

Langkah pertama, kamu bisa menggunakan teknik cropping, yakni untuk memilah bagian foto mana yang harus dimasukkan ataupun dibuang. Saat memotret, beberapa orang kerap tak sadar jika foto mereka “bocor” (menangkap bagian yang tidak diperlukan).

Karenanya, teknik ini akan amat membantu untuk memilah bagian utama foto. Untuk menerapkannya, kamu bisa mengikuti aturan rule of third yang biasa jadi acuan komposisi dalam foto. Garis-garis rule of third ini muncul saat kamu memulai proses cropping.

Dengan bantuan garis tersebut, kamu bisa melihat perbandingan sisi foto agar terlihat lebih proporsional. Pada smartphone, biasanya aspect ratio adalah 4:3. Dengan teknik cropping ini, kamu bisa mengubahnya menjadi 3:2 (DSLR) ataupun 1:1 (square).

Luruskan horizon dengan leveling

Kamu tentu kerap terganggu jika melihat posisi foto yang miring, bukan? Hal tersebut bisa terjadi oleh siapa saja, entah karena terlalu asyik memotret atau memiliki kelainan mata silinder. Jadi, foto yang dihasilkan pun tidak sesuai dengan objek sesungguhnya.

Saat ini, kamu bisa mengatasi kendala tersebut dengan mudah, yakni melalui teknik level atau straighten saat editing foto. Sudah banyak aplikasi edit foto yang menampilkan garis horizon yang cukup jelas, sehingga akan memudahkanmu untuk meluruskan posisi foto.

Mengatur pencahayaan dan kontras

Ketika memotret, kamu pasti kerap menggunakan mode auto/ otomatis. Padahal, kamera bisa tertipu oleh cahaya yang dipantulkan objek. Karena itulah, tak jarang dari kamu mengeluhkan hasil foto yang terlalu gelap ataupun terlalu terang.

Melalui proses editing, kamu bisa kembali mengatur tingkat kecerahan (exposure) dan perbedaan cahaya (contrast) pada foto. Tingkat kecerahan pun bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Namun, ingatlah untuk tidak berlebihan karena foto akan menimbulkan efek noise saat tingkat kecerahan terlalu tinggi.

Menyeimbangkan shadow and highlight

Jika dengan exposure dapat mencerahkan keseluruhan foto, kamu pun bisa mengatur pencahayaan pada bagian tertentu saja. Misalnya, menerangkan area yang gelap ataupun menggelapkan area yang terang.

Advertisements
Loading...

Untuk menerapkan hal tersebut, editing pada shadow dan highlight adalah teknik yang bisa kamu lakukan. Untuk mengangkat area yang cukup gelap atau berbayang, kamu bisa mengedit bagian shadow.

Sebaliknya, saat ingin mengurangi cahaya di area yang terlalu terang, kamu bisa mengatur tingkat highlight-nya. Satu hal yang perlu diingat, jika foto yang kamu edit memiliki format JPEG, maka efek shadow dan highlight yang dihasilkan pun akan kurang nyata.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan format foto RAW untuk hasil yang lebih terlihat.

Mengatur Warna

Tak hanya pencahayaan dan posisi, kamu pun bisa menaruh ciri khas pada foto yang dihasilkan dengan mengubah warna yang ada. Mulai dari tone kebiruan, kekuningan, ataupun menjadikannya hitam putih bisa kamu lakukan dengan mengatur color balance.

Dalam aplikasi editing foto, kamu juga akan menemukan beberapa tone warna yang sudah disediakan. Umumnya, warna-warna tersebut dipilih untuk mempermudah pengaturan warna. Tone tersebut juga kerap digunakan untuk menampilkan kesan warna senada pada tampilan Instagram atau portofolio milikmu.

Menghilangkan objek yang mengganggu

Saat dirasa semua elemen sudah bagus, ternyata kamu menemukan sebuah objek yang masuk frame foto bidikanmu. Hal tersebut, tentu akan mengganggu estetika pada foto.

Untuk mengatasi kasus ini, kamu bisa menggunakan teknik healing saat mengedit. Cara kerjanya mudah, kamu hanya perlu brush objek yang ingin dihilangkan.

Menambahkan atau mengganti elemen dalam foto

Jika menghilangkan objek bisa dilakukan, kamu pun bisa menambah atau mengganti elemen dalam foto. Mulai dari mengganti efek langit, menambah cahaya, menggabungkan dua foto, atau menambah objek seperti burung di langit adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Untuk menerapkan teknik editing ini, kamu bisa menggunakan aplikasi MIX dalam smartphone. Selanjutnya, kamu bisa memakai fitur ‘magic sky’ untuk mengganti tampilan langit dalam foto yang kamu edit. Ada banyak pilihan efek atau warna yang bisa kamu pilih, mulai dari sunset, sunrise,milky way, bahkan aurora.

Setelah memilih, kamu bisa mengurangi pengaturan opacity foto agar terlihat lebih natural. Itulah beberapa teknik editing yang dapat mempercantik hasil foto. Meski dapat memperindah tampilan foto, kamu tetap perlu memahami etika dalam fotografi, lho.

Hindarilah teknik editing untuk manipulasi sebuah objek, jangan sampai penikmat foto justru menyalahartikan karyamu.

Selamat berkreasi!
———————————-
Traveloka Team 06 Jan 2020
Sumber http: https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/7-langkah-mengedit-foto-agar-terlihat-lebih-menarik/14272

Advertisements
Loading...

Leave a Comment: