TRIK DAN TIPS FOTO BOKEH MENGGUNAKAN LENSA KIT

  • 21 September 2020

Mau foto seperti fotografer terkenal, yang kalau motret model atau objek itu background nya bisa blur blur (atau disebut juga bokeh)? Tapi anda hanya punya lensa standard atau lensa kit, yang biasanya datang satu paket dengan kamera DSLR atau mirrorless yang anda beli.

Gimana caranya untuk memaksimalkan lensa “sapu jagad” itu ya, agar kita bisa mendapatkan latar yang blur atau bokeh bokeh? Berikut trik dan tipsnya supaya dalam pemotretan kita menghasilkan foto bokeh.

  1. GUNAKAN DIAFRAGMA BUKAAN BESAR

Ok, foto objek menggunakan f2.8, akan menghasilkan foto bagian belakangnya tampak lumayan blur.

  1. PERHATIKAN JARAK ANTARA FOTOGRAFER DENGAN MODEL/SUBJEK YG DIFOTO

Saya berada sekitar 1 meter dari objek (si model), hasilnya adalah background yang tidak terlalu ber-bokeh.

Sedangkan jika saya mendekat, dengan menggunakan setting-an kamera yg sama, akan menghasilkan background yang blur.

Advertisements
Loading...
  1. PERHATIKAN JARAK ANTARA MODEL DAN BACKGROUND

Jarak antara model dan background juga dapat mempengaruhi bokeh dari background itu. Contohnya seperti berikut, saya memotret objek (model) dekat dengan pohon di belakangnya. Jadinya pohon itu ga terlalu blur (maap, kayaknya pohonnya kurang besar…)

  1. GUNAKAN FOCAL LENGTH/DIAMETER LENSA SEPANJANG MUNGKIN

Lensa kit yang saya gunakan itu 18-55mm, nah, foto berikut saya kutip di focal length 18mm, jadi pengambilan wide. Namun saya tetap pastikan si model terkomposisi setengah badan.

Dengan komposisi yang sama, namun saya motret di 55mm nya, saya dapat menghasilkan background yang berbokeh. Tentunya jarak juga harus disesuaikan agar mendapatkan komposisi yg sama.

Demikian tutorial singkat dari kami, semoga bermanfaat. Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan hanya lensa kit jika memotret model.  Dengan tips2 ini, anda pasti bisa menghasilkan bokeh yang bagus! Selamat mencoba.
——————————————–

Sumber http: https://foto.co.id/cara-foto-bokeh-pakai-lensa-kit/

Advertisements
Loading...

Leave a Comment: