cara membuat chatbot di website

Cara membuat chatbot untuk situs web Anda, ChatCompose adalah platform chatbot yang menawarkan berbagai saluran integrasi dan kasus penggunaan, termasuk chatbots untuk web.

Memasang chatbot di situs web perusahaan atau bisnis Anda mencakup banyak kebutuhan mulai dari pembuatan kontak, hingga reservasi online. Semuanya otomatis dan akibatnya akan menghemat waktu, mengoptimalkan layanan, dan menghemat uang. Oleh karena itu pentingnya mengetahui cara membuat chatbot untuk situs web Anda.

Chatbot adalah antarmuka teks (dan terkadang audio) yang dapat dibuat melalui skrip yang disiapkan dan / atau pertanyaan dan jawaban. Chatbot dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk menjawab pertanyaan, menerima pesanan, melakukan tugas secara otomatis dan menyediakan semua layanan yang telah dilatihnya.

Chatbot dapat memberikan keajaiban bagi bisnis Anda, jika Anda tahu cara membuat dan menginstalnya di situs web Anda. Dan untuk memanfaatkan solusi ini sebaik-baiknya, berikut ini adalah tutorial kecil.

Cara membuat chatbot untuk situs web Anda (dengan ChatCompose)

Untuk mengajari Anda cara membuat chatbot untuk situs web Anda, hal pertama yang harus didefinisikan adalah kasus penggunaan apa yang ingin Anda berikan kepada chatbot Anda. Meskipun bot dapat melakukan banyak tugas pada saat yang sama dengan cara otomatis, ada baiknya ia menunjuk ke arah tujuan tertentu untuk mencapainya.

Mereka yang menginginkan chatbot di situs web mereka, biasanya mencari kasus-kasus penggunaan seperti membuat kontak, membuat reservasi dan membuat janji dan melakukan survei. Berdasarkan permintaan mayoritas, kami akan menjelaskan cara membuat bot dalam kasus tersebut.

Hasilkan Petunjuk

Chatbots dapat mengotomatiskan proses pembuatan prospek. Untuk waktu yang lama, perusahaan dan bisnis menggunakan formulir yang kurang lebih canggih untuk meyakinkan pelanggan potensial untuk memberikan data mereka.

Namun, informasi utama, aset paling berharga yang dimiliki oleh setiap perusahaan yang bekerja dengan klien, dilindungi oleh orang-orang dengan iri. Banyak calon klien, pada awalnya, menolak untuk melanjutkan proses ketika mereka melihat formulir, apakah karena kecurigaan atau kelelahan.

Bot dapat mengumpulkan semua informasi yang biasanya dikumpulkan oleh suatu formulir, tetapi melalui percakapan, yang selain sedikit lebih halus, membuat pelanggan merasa lebih baik. Orang pada dasarnya penasaran, dan ingin terus berbicara dengan chatbot.

Faktanya, telah terbukti bahwa 69% konsumen lebih suka chatbots untuk berkomunikasi dengan cepat dengan merek. Mari kita lihat contoh sederhana penangkapan timah dengan bot di bawah ini.

Pada gambar sebelumnya, hanya pertanyaan yang sangat mendasar seperti nama dan email yang ditanyakan, namun ChatCompose memungkinkan Anda mengedit skrip sehingga Anda dapat mengajukan pertanyaan yang Anda perlukan untuk mendapatkan data yang relevan.

Untuk menetapkan case use ini ke bot Anda, Anda hanya perlu pergi ke Chatbots> Use Cases dan pada tombol Task, cari opsi Capture dari Klien potensial atau Data Capture, yang sesuai. Di sana Anda akan menemukan skrip default yang dapat Anda edit dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Janji dan pemesanan buku

Tugas penting untuk bisnis seperti restoran, pusat kesehatan, klinik dan toko kecantikan, adalah untuk mengotomatiskan reservasi dan janji temu. Menawarkan proses pemesanan yang nyaman dan tidak repot membantu menghasilkan pemesanan yang lebih efisien dan lebih cepat, meningkatkan pendapatan yang berasal dari pemesanan dan mengurangi kemungkinan pelanggan meninggalkan pembelian atau layanan.

Chatbot dapat menangani masing-masing klien Anda secara bersamaan dan tanpa perlu pengawasan atau harus menghabiskan sumber daya pada agen atau sekretaris untuk itu. Mari kita lihat contoh berikut:

Di dalam platform ChatCompose Anda dapat menemukan skrip default untuk membuat Reservasi atau janji temu di Chatbots> Use Cases, lalu memilih Tasks, dan mengakses Appointments.
Juga di menu Pemesanan / Janji, Anda dapat menyesuaikan kalender Anda sesuai dengan ketersediaan perusahaan atau layanan Anda.

Antarmuka pembuatan skrip memungkinkan Anda untuk mengaktifkan komponen “Cadangan” untuk bot Anda sambil membuat skrip untuk memulai penjadwalan rapat dengan waktu dan tanggal yang sebelumnya telah Anda tandai tersedia di bagian ini.

Saat Anda sedang membangun skrip Anda, Anda dapat menambahkan komponen Reservasi seperti yang Anda lihat pada gambar, sehingga bot menyarankan opsi pemesanan kepada pengguna saat melakukan percakapan.

Dengan cara ini, pelanggan Anda tidak perlu menunggu daftar tunggu lama untuk menghubungi seseorang di tim Anda untuk menetapkan janji temu. Sistem ini bertanggung jawab untuk mengotomatisasi proses ini dan memungkinkan pengguna Anda memilih janji temu atau reservasi sesuai dengan ketersediaannya, dan tanggal serta waktu yang telah Anda tandai sebagai tersedia.

Chatbot akan mengirim email kepada Anda setiap kali reservasi baru dibuat. ChatBot dapat memandu klien melalui alur percakapan yang mengurangi gesekan yang sering dihadapi saat melakukan reservasi untuk layanan apa pun. Anda juga dapat menjawab pertanyaan pelanggan terkait layanan, semuanya dalam obrolan yang sama.

Survei dan Umpan Balik

Membuat survei kepuasan, mendapatkan perspektif produk atau kesan pelanggan semakin sulit, dan sangat sedikit pelanggan yang mengisinya, karena tidak nyaman dan biasanya membutuhkan mengikuti tautan. Chatbot dapat membantu dengan tugas itu dengan mengintegrasikan surey ke dalam percakapan.

Informasi yang dapat Anda kumpulkan melalui survei Anda memiliki banyak nilai, membantu Anda meningkatkan produk dan layanan Anda dan mempersiapkan Anda untuk bersaing dengan pelanggan sebagai keunggulan dibandingkan pesaing Anda, lebih memahami tren bisnis.

Tetapi bagaimana cara membuat pelanggan berkomitmen pada kami sampai memberikan pendapat mereka kepada kami? Mudah, melalui chatbots.

Advertisements

Mengingat kebanyakan orang sampai saat ini penasaran untuk berinteraksi dengan bot dan sangat mudah untuk berkomunikasi melalui program-program ini, layak untuk menginstal komponen survei di bot kami agar pelanggan dapat memberikan pendapat mereka. Mari kita lihat sebuah contoh:

Gambar menunjukkan ruang yang harus menyajikan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada pelanggan Anda. Misalnya, apakah Anda akan merekomendasikan layanan kami? Atau Anda akan membeli dari kami lagi? Anda dapat menemukan komponen ini di ChatBots> Use Cases, di Task dan kemudian Simple Survey.

Di sana Anda dapat mengedit skrip dari default dengan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada pelanggan Anda. Kemudian Anda menyimpan skrip dengan ID dan menentukan apakah skrip tersebut akan menjadi skrip default yang digunakan bot Anda di web.

Jika survei bukan skrip default, tetapi Anda hanya ingin skrip tersebut menjadi salah satu tugas bot Anda, maka saat Anda membuat alur skrip utama Anda, Anda dapat mengintegrasikan skrip survei dengan menambahkan Skrip </> komponen dan pilih skrip survei. Langkah ini juga berlaku untuk menambahkan skrip pembuatan prospek ke skrip utama Anda.

Ini adalah bagaimana bot dapat berfungsi penuh untuk melakukan tugas-tugas ini yang dalam banyak kasus dapat berulang dan tidak memerlukan intervensi agen manusia. Juga ingat bahwa pengguna tidak ingin diarahkan ke formulir atau halaman lain untuk menyelesaikan permintaan mereka.

Bot memungkinkan semua proses dilakukan secara otomatis di dalam situs web Anda, tanpa harus pergi ke alamat atau halaman arahan lainnya.

Konfigurasi dan instalasi

Menyiapkan dan memasang bot Anda di situs web Anda juga sangat mudah. Ini adalah prosedur yang hanya akan memakan waktu beberapa menit. Mari kita mulai dengan konfigurasi.

Di dalam platform, di Properties, tepatnya ada bagian yang berjudul Konfigurasi. Dalam Pengaturan> Umum Anda bertanggung jawab untuk memberi nama bot Anda, membuat pesan awal yang akan memberi pengguna di situs web Anda dan judul pemberitahuan yang akan muncul dalam gelembung.

Tetapi yang paling penting adalah Anda memilih Komponen Awal, yang akan menjadi nama skrip yang Anda buat untuk direproduksi dalam percakapan dengan pengguna. Pengaturan ini bisa kurang lebih seperti ini.

Di sisi lain, di Pengaturan> Halaman Anda dapat membuat konfigurasi baru untuk URL tertentu, jika Anda membutuhkan bot untuk setiap halaman. Dengan kata lain, ini memungkinkan Anda untuk membuat pengaturan pada halaman tertentu untuk menampilkan pesan dan komponen / skrip yang berbeda.

Dengan demikian, Anda dapat menampilkan skrip penjualan pada halaman produk, skrip dukungan pada halaman kontak, atau skrip reservasi pada halaman janji temu.

Akhirnya, di Pengaturan> Personalisasi Anda dapat menemukan opsi desain bot Anda. Artinya, Anda dapat menentukan warna utama, warna latar belakang, jenis font, dan bahkan logo perusahaan Anda jika diinginkan. Semua perubahan diterapkan secara otomatis.

Setelah skrip dikonfigurasi, hal selanjutnya adalah mengetahui cara menginstalnya. Opsi ini cukup mudah ditemukan di platform. Di bilah sisi kiri, di Utama, Anda memiliki opsi Instal dan di dalamnya Anda dapat memilih opsi Web.

Setelah Anda berada di Instalasi> Web ada tiga opsi di antaranya Anda harus memilih salah satu yang sesuai dengan kasus Anda.

Opsi pertama adalah Instalasi Web . Kami memberi Anda kode yang dapat Anda terapkan dengan menambahkannya ke HTML halaman Anda sebelum menutup tag Anda </head>: Anda hanya akan melihat perubahan di situs Anda, setelah Anda membersihkan cache atau saat menggunakan mode penyamaran.

Kemudian Anda memiliki Instalasi WordPress . Yang harus Anda lakukan adalah menginstal pluguin kami di situs web Anda yang dibuat dengan WordPress. Untuk melakukan ini, kami membagikan plugin dari situs kami, Anda perlu mengunggahnya di bagian Plugins> Add New> Upload Plugin.

Setelah plugin dipasang, Anda harus memberikan ID pengguna Anda, yang berarti Anda harus memiliki akun ChatCompose yang aktif. Setelah memasukkan ID Anda menyimpan perubahan dan chatbot Anda akan terlihat di situs web Anda saat Anda menginstalnya.

Akhirnya ada opsi Instalasi Joomla melalui ekstensi . Instalasi ini juga difasilitasi dengan sebuah plugin.

Kami menyediakan file untuk Anda instal di situs Joomla Anda> Extensions> Manage> Install. Kemudian Anda hanya perlu menavigasi ke Extensions> Plugin dan mencari “chat compose”, di sana Anda dapat mengaktifkan plugin atau mengeditnya. Sekali lagi, untuk mengaktifkan plugin Anda harus memiliki ID untuk kemudian menyimpan perubahan.

Jika Anda tidak memiliki akun ChatCompose, Anda dapat membuatnya di sini , karena Anda perlu mengakses alat chatbots kami untuk situs web Anda. Bot saat ini tidak dapat sepenuhnya menggantikan agen manusia, tetapi mereka dapat mengotomatiskan banyak proses berulang atau sistematis yang akan menghabiskan banyak sumber daya, personel, dan waktu.

Ini hanya tiga dari kasus penggunaan yang paling banyak diterapkan oleh perusahaan di dalam situs web mereka, tetapi hasilnya scalable sejauh Anda bisa mengotomatisasi tugas yang bahkan lebih rumit.

Ingatlah bahwa sebagian besar klien atau pengguna Anda tidak ingin melalui tiga halaman berbeda sebelum tiba pada proses yang akhirnya mereka cari. Bot membuat pengguna terhubung dengan apa yang mereka inginkan tanpa meninggalkan situs web Anda, hanya dalam antarmuka percakapan.

Ini adalah layanan yang sangat berguna, terutama mengingat sebagian besar orang mengunjungi situs web dari smartphone mereka. Jika pengguna Smartphone ini harus menavigasi situs Anda terlalu banyak untuk menemukan opsi yang Anda cari, kemungkinan besar Anda akan kehilangan mereka di sepanjang jalan.

Kami berharap tutorial ini bermanfaat sehingga Anda tidak kehilangan lebih banyak prospek dengan formulir yang membosankan, pelanggan Anda membuat reservasi mereka lebih cepat dan lebih mudah dan Anda dapat melakukan survei dengan lebih halus dan efektif. Semua dengan bantuan ChatBot Anda.
Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan informasi lebih lanjut, semoga bermanfaat
——————————–
Suber http: https://www.chatcompose.com/id/web.html

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

0

No products in the cart.