Sakit Alergi : Gejala, Diagnosis, dan Cara Mencegah Munculnya Penyakit Alergi

Capillaritis-Acute hemorrhage - Milk allergy Case 107
“Capillaritis-Acute hemorrhage – Milk allergy Case 107” by Pulmonary Pathology is licensed under CC by-sa-2.0

Penyakit alergi adalah kondisi yang ditandai dengan reaksi alergi yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh.

Tubuh merespons terhadap bahan yang normalnya tidak berbahaya dengan cara yang tidak normal. Alergi dapat terjadi dari makanan, debu, serbuk sari, hewan peliharaan, tumbuhan, dan obat-obatan.

Gejala alergi yang umum bisa berupa bersin, hidung tersumbat, mata berair, gatal-gatal, bengkak, ruam, dan asma. 

Beberapa jenis alergi dapat diobati dengan penggunaan obat-obatan, sedangkan yang lain dapat hanya dikendalikan dengan cara menghindari alergen yang menyebabkan reaksi alergi.

 

Pengenalan Penyakit Alergi dan Gejala-gejala yang Terkait

Beberapa jenis alergi yang umum adalah alergi debu, alergi makanan, alergi obat, alergi tungau debu, alergi asma, alergi gandum, alergi jamur, alergi polusi udara, alergi pola hujan, alergi polusi laut, dan alergi sinar matahari.

Gejala alergi dapat bervariasi dalam intensitas, meskipun gejala yang umum termasuk bersin berulang, hidung tersumbat, mata berair, batuk, sesak nafas, hidung tersumbat, gatal-gatal, dan ruam kulit. Gejala alergi juga dapat menyebabkan gangguan tidur, sakit kepala, menggigil, dan bahkan muntah.

Ketika seseorang mengalami gejala alergi, dokter dapat memberikan obat antihistamin untuk mengurangi gejala. Obat-obatan seperti kortikosteroid juga dapat diberikan untuk mengurangi inflamasi dan peradangan yang mungkin terjadi akibat alergi.

Beberapa orang juga dapat mengambil vaksin untuk mencegah atau mengurangi gejala alergi. Penanganan alergi berbeda untuk setiap orang.

Untuk menentukan jenis alergi dan jenis pengobatan yang tepat, dokter mungkin akan memerlukan tes alergi. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan, menyarankan penghindaran alergen, atau menyarankan terapi lain untuk mengontrol gejala alergi.

Cara untuk Mencegahnya Penyakit Alergi

Pengobatan alergi dapat berupa obat yang diberikan dalam bentuk tablet, sirup, inhaler, ataupun suntikan. Pemilihan cara pengobatan tergantung pada jenis alergi dan sifat gejalanya.  

Untuk mencegah munculnya sakit alergi, ada beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Hindari kontak dengan zat penyebab alergi. Pastikan untuk menghindari zat-zat yang diketahui menyebabkan alergi pada Anda, seperti serbuk sari, binatang peliharaan, atau polusi udara.
  • Pastikan untuk membersihkan dan menyegel tempat tinggal Anda. Pastikan seluruh ruangan yang berpotensi menyimpan zat alergi dalam jumlah yang banyak seperti debu dan serbuk sari dibersihkan secara berkala.
  • Gunakan filter udara. Menggunakan filter udara pada AC dan alat pendingin lainnya akan membantu Anda mengurangi zat-zat yang menyebabkan alergi.
  • Gunakan masker. Gunakan masker untuk melindungi diri Anda dari partikel-partikel zat alergi dalam udara.
  • Gunakan obat luar. Gunakan obat luar untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit akibat alergi.

Obat Tradisional Cina Untuk Penyakit Alergi

Selain mungkin obat dokter, salah satu ikhtiar yang juga baik untuk dicoba adalah obat-obat herbal. Salah satu yang pernah saya gunakan dan kemudian alhamdulillah sembuh total adalah obat alergi dari ramuan tradisional cina. 

Obat alergi ini saya peroleh atas rekomendasi shinshe (ahli pengobatan tradisional cina). Hari itu juga saya beli, dan kemudian saya rutin minum setiap hari. Alhamdulillah setelah 5 hari konsumsi, saya benar-benar sembuh. 

Namun obat tradisional ini, menurut shinshe akan lebih efektif untuk jenis alergi dengan gejala yang berupa flu, bersin atau demam. Untuk jenis alergi lainnya, barangkali akan bergantung pada kondisi personal yang bersangkutan. Tapi insyaAllah tak ada salahnya dicoba, karena ramuan ini juga baik untuk daya tahan tubuh.

 

Jika tertarik untuk mencoba, silakan langsung pesan aja di tokopedia, klik disini. Atau bisa juga pesan di Shopee, klik disini!

Mudah-mudahan belum habis stoknya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment